Twitter Tambahkan Opsi <i>Co-Host </i> untuk Moderasi dan Kelola Ruangan di Spaces
Kini Twitter berfokus pada layanan Spaces-nya. (foto: dok. twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah menghapus Fleets dari aplikasinya, kini Twitter berfokus pada layanan Spaces-nya. Fitur baru telah ditambahkan, yang memungkinkan host menunjuk hingga dua akun sebagai co-host di ruang audio itu.

Fitur ini tentunya akan memudahkan host, karena co-host bertugas untuk membantu mengelola dan memoderasi percakapan. Dijelaskan Twitter, co-host yang telah diundang memiliki hak sebagai moderator dan mengelola ruangan.

Berperan seperti host utama, co-host dapat berbicara, mengundang anggota untuk berbicara, menyematkan tweet, mengeluarkan anggota dari ruangan, dan lainnya seperti dikutip dari The Verge, Jumat 6 Agustus.

Meski demikian bukan tanpa batas, Twitter tidak mengizinkan co-host utama untuk mengundang co-host kedua atau menghapusnya. Co-host utama juga tidak bisa mengakhiri acara, itu hanya berlaku untuk tuan rumah utama (host).

Selain itu, fitur co-host juga memperluas jumlah peserta yang dapat berbicara sekaligus di Spaces. Dengan dua co-host yang dapat berbicara dan 10 speaker, maka total anggota yang dapat berbicara adalah 12. Sedangkan sebelumnya, speaker hanya dibatasi 10 orang dan tidak ada co-host.

Fitur ini diketahui sedang dalam proses menuju peluncuran, dan akan berguna dalam membantu host menjaga ruangan tetap terkendali, terutama untuk percapakan yang lebih besar. Dengan hadirnya fitur ini, menunjukkan bahwa betapa pentingnya Twitter memandang Spaces.