Bagikan:

JAKARTA - Google Chat kini mulai menggulirkan fitur pesan video untuk meningkatkan interaksi pengguna. Fitur ini, yang sudah lama tersedia di aplikasi pesan populer seperti WhatsApp, diharapkan dapat membuat komunikasi lebih personal.

Untuk saat ini, pengguna hanya dapat merekam pesan video melalui klien web Google Chat, dengan batas waktu perekaman maksimal tiga menit. Sayangnya, fitur ini belum tersedia di sistem operasi Linux, ChromeOS, dan browser Firefox. Namun, pengguna dapat dengan mudah menonton pesan video yang diterima melalui aplikasi Google Chat di ponsel mereka.

Peluncuran fitur ini dilakukan secara bertahap, dimulai dari domain Rapid Release, dan akan tersedia bagi domain Scheduled Release mulai 25 Oktober. Proses peluncuran ini bisa memakan waktu hingga 15 hari sebelum fitur sepenuhnya aktif di akun pengguna.

Untuk menggunakan fitur pesan video, pengguna harus berlangganan salah satu paket Google Workspace berikut: Business (Starter, Standard, Plus), Enterprise (Standard, Plus), Essentials, Nonprofits, atau Frontline.

Pengguna dapat mulai merekam pesan video dengan menekan tombol Rekam di sebelah tombol Kirim, lalu memilih opsi pesan video.

Fitur ini diharapkan dapat membantu pengguna Google Chat berkomunikasi dengan lebih interaktif dan personal.