Google Chat Kembangkan Fitur Announcement, Mirip dengan Channel di WhatsApp
 Google Chat buat fitur Announcement (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Seluruh aplikasi perpesanan instan mengalami peningkatan. Jika dulunya aplikasi perpesanan hanya mendukung obrolan one-to-one, kini aplikasi pesan bisa mendukung interaksi grup atau obrolan satu arah.

Obrolan satu arah merupakan fitur yang mendukung interaksi berskala besar. Fitur ini terlihat di beberapa aplikasi seperti Telegram, Discord, dan WhatsApp. Tampaknya, Google tidak ingin tertinggal sehingga mereka mengembangkan fitur tersebut di aplikasi Chat.

Google Chat merupakan re-branding dari Hangout yang masih bisa diakses di aplikasi Gmail versi Android atau aplikasi mandiri. Aplikasi yang menjadi bagian dari Google Workspace ini bisa mengirimkan pesan dalam obrolan one-to-one atau grup kecil.

Peluncuran fitur Channels yang dilakukan oleh WhatsApp merupakan salah satu langkah yang tepat untuk meningkatkan fungsi aplikasi. Google tampaknya menyadari potensi ini sehingga mereka mengikuti langkah yang dipilih WhatsApp.

Ditemukan pertama kali oleh akun AssembleDebug di platform X, dikutip dari Android Police, Google Chat sedang mengembangkan fitur yang disebut sebagai Announcement. Fitur ini mirip dengan fitur Channels yang diluncurkan oleh WhatsApp pada akhir tahun lalu.

Catatan rilis dari Google menjelaskan bahwa fitur Announcement akan mengizinkan pengguna untuk, "Menyiarkan dan membagikan update dengan grup Anda." Fitur ini akan menjadi bagian dari fitur pembuatan space atau ruang untuk membagikan pesan.

Selain Announcement, Chat juga menambahkan pilihan untuk fitur Collaboration, yaitu pembuatan ruang obrolan untuk berkolaborasi dengan teman dan rekan. Collaboration bisa digunakan untuk membagikan berbagai hal yang berkaitan dengan proyek dan plan.

Belum banyak informasi mengenai tampilan ruang Announcement dan ruang Collaboration. Akun AssembleDebug pun menunjukkan bahwa user interface masih belum siap sehingga pengguna Google Chat harus menunggu lebih lama untuk mencoba fiturnya.