Bagikan:

JAKARTA – Assa Abloy, perusahaan kunci dan keamanan asal Swedia, menjalin kemitraan dengan pengembang robot Boston Dynamics. Kedua perusahaan ini akan mengembangkan akses pintu digital bagi robot.

Kesepakatan ini baru diumumkan pada Senin, 23 September. Dilansir dari TechCrunch, Assa Abloy mengatakan bahwa sistem akses pintu ini akan ditambahkan ke dalam robot Spot. Nantinya, robot buatan Boston Dynamics itu dapat membuka pintu secara otomatis.

Menurut Assa Abloy, Spot belum memiliki sistem otonom yang dapat mendukung aktivitasnya dalam berpatroli. Oleh karena itu, "Kata 'otonom' tidak berlaku untuk kemampuan Spot dalam membuka pintu yang masih dikontrol aksesnya dengan mudah."

Sejauh ini, Spot tidak memiliki kendala dalam melewati pintu cerdas. Robot tersebut menggunakan kredensial akses digital tertanam yang menggunakan Bluetooth. Sistem ini dapat berkomunikasi pembaca Signo merek HID dari Assa Abloy.

Meski kemampuannya sudah cukup baik, terlebih robot tersebut tidak perlu mengetukkan kaki di panel, Boston Dynamics ingin meningkatkan sistem akses ke pintu digitalnya. Ide ini diterima oleh Assa Abloy dan perusahaan tersebut akan membuat sistem terbaru.

Dengan menjalin kerja sama jangka panjang bersama Assa Abloy, Boston Dynamics dapat mengembangkan robot penjaga terdepan yang lebih cerdas. Pemasangan sistem akses pintu otomatis juga meningkatkan kinerja robot tersebut untuk berpatroli lebih cepat.

Belum diketahui kapan sistem akses terhadap pintu digital yang baru akan ditambahkan ke dalam Spot. Namun, kedua perusahaan berusaha menjadikan Spot sebagai anjing keamanan yang dapat berpatroli di dalam dan luar gedung tanpa kendala.