Bagikan:

JAKARTA – Lazada terus mengedepankan operasional yang berkelanjutan untuk mendukung pemerintah dalam mencapai emisi nol bersih pada tahun 2026. Lazada juga berusaha mengimplementasikan ekonomi hijau.

Sejalan dengan komitmen tersebut, Lazada telah mengimplementasikan panel surya di gedung utamanya yang berada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Harapannya, implementasi panel surya dapat menjadikan Lazada sebagai pelopor gudang logistik e-commerce yang berkelanjutan.

“Kami menyadari pertumbuhan e-commerce tak hanya memberikan peluang ekonomi, tapi juga memiliki dampak pada lingkungan hidup. Oleh karena itu, pertumbuhan ini perlu diimbangi dengan solusi logistik yang efisien dan berkelanjutan," kata Vice President Government Affairs Lazada Indonesia Budi Primawan dalam siaran pers yang diterima.

Budi menambahkan bahwa penggunaan panel surya merupakan salah satu langkah konkret dalam menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien. Dengan mendukung prinsip ekonomi hijau, implementasi ini dapat menjaga kelestarian lingkungan.

“Lazada berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan industri e-commerce yang tidak hanya inklusif dan menawarkan manfaat ekonomi bagi setiap orang di dalam ekosistem kami, tapi juga berdampak positif bagi lingkungan," ujar Budi.

Pemasangan panel surya di gudang utama bukan satu-satunya langkah keberlanjutan yang Lazada lakukan. Perusahaan itu juga telah menerapkan upaya ramah lingkungan lainnya dengan beralih dari lampu LED ke sistem pencahayaan otomatis.

Selain itu, Lazada juga menggunakan armada berbasis listrik dan sepeda Blue Vehicle, aplikasi teknologi smart routing dan internet of things (IoT) untuk mempercepat pengiriman barang, penggunaan kemasan karton ramah lingkungan bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC), dan penggunaan kerta serut daur ulang sebagai pengganti plastik.