Lazada Sustainability Academy Awards 2024 Dukung Upaya Keberlanjutan Para Penjual
 Lazada Sustainability Academy Awards 2024 bersama para pemenang (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

 

JAKARTA – Lazada Indonesia, melalui unit bisnis Lazada Logistics, menggelar Lazada Sustainability Academy Awards 2024. Acara ini digelar sebagai salah satu upaya Lazada dalam mendorong keberlanjutan.

Selama setahun terakhir, Lazada aktif menggelar berbagai program yang bisa mengurangi emisi karbon. Disampaikan oleh SVP Logistics Lazada Indonesia Adiputra Wiharja, program pendukung keberlanjutan ini cukup beragam, salah satunya pengurangan rute kendaraan.

"Didukung dengan teknologi, kami senantiasa mengoptimisasi rute pengiriman kita ataupun rute pick up supaya lebih efisien, supaya mengurangi jarak yang harus ditempuh dan mengurangi jumlah kendaraan yang ada di jalanan," kata Adiputra dalam sesi diskusi panel.

Selain itu, Lazada juga berusaha mendorong keberlanjutan dengan menggunakan kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar seperti sepeda, mengganti kardus dengan bahan daur ulang, dan menggunakan energi ramah lingkungan di beberapa fasilitas.

"Dari sisi facility, kita punya banyak facility yang tersebar di banyak kota di Indonesia. Kita lihat bagaimana caranya kita bisa menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan. Jadi, kita pakai solar panel, kita ganti lampunya dengan LED, hal-hal tersebut terus kita lakukan," jelas Adiputra.

Tak sampai di sana, Lazada juga ingin memperluas upaya keberlanjutan ini ke para seller. Oleh karena itu, mereka menghadirkan Lazada Sustainability Academy Awards untuk, "mengubah mindset seller bahwa bisnis tidak harus bertolak belakang dengan konsep berkelanjutan."

Lazada Sustainability Academy Awards, bagian dari inisiatif dalam kerangka ESG dari Lazada Group, memberikan total hadiah sebesar Rp100 juta. Hadiah ini dibagikan kepada lima seller yang memenangkan masing-masing penghargaan.

Kelima pemenang dipilih berdasarkan empat parameter penilaian, yaitu Purpose, Profit, People, dan Planet. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah senilai Rp20 juta. Penghargaan ini diharapkan dapat mendukung transformasi ke operasional berkelanjutan.

“Harapan kami, acara Lazada Sustainability Academy Awards dapat menjadi katalis dalam pengadopsian model bisnis berkelanjutan ... sehingga mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan berkontribusi terhadap bumi yang lebih sehat," ungkap Adiputra.

Terkait