Bagikan:

JAKARTA – Polaris Dawn, misi antariksa komersial yang didukung SpaceX, telah menyelesaikan dua tugas dalam satu waktu. Tugas yang kru lakukan pada 12 September adalah spacewalk dan pengujian pakaian antariksa.

Tugas ini dikerjakan oleh Komandan Kru Jared Isaacman sekitar pukul 17.52 WIB. Dari video yang SpaceX bagikan, Isaacman terlihat keluar dari palka menggunakan alat untuk pegangan tangan yang disebut Skywalker.

SpaceX menjelaskan bahwa Isaacman harus melakukan tiga tes selama berada di Skywalker. Komandan kru itu harus menggunakan satu tangan untuk mengendalikan gerakan tubuh, bergerak menggunakan palang horizontal dan vertikal, dan mengevaluasi alat penahan kaki.

"Komandan Isaacman telah keluar dari Dragon dan sedang menjalani tes mobilitas setelan pertama dari tiga tes yang akan menguji kontrol tangan tubuh secara keseluruhan, gerakan vertikal dengan Skywalker, dan pengekangan kaki," kata SpaceX saat spacewalk berlangsung.

Isaacman melakukan tugasnya selama delapan menit sebelum masuk kembali ke dalam kabin pesawat Dragon. Tak lama setelah itu, Spesialis Misi Sarah Gillis muncul untuk melakukan tes yang sama menggunakan Skywalker. Durasi pengujian Gillis juga berjalan selama delapan menit.

Selama berada di Skywalker, Isaacman dan Gillis juga menguji Mobilitas Pakaian Aktivitas Ekstravehicular (EVA) yang dibuat oleh SpaceX. Setelah pengujian dilakukan, tidak ada astronot yang melaporkan masalah terkait pakaian antariksa yang mereka gunakan.

Pengujian Skywalker dan EVA merupakan puncak dari misi Polaris Dawn sehingga SpaceX mengungkapkan bahwa Isaacman dan kru lainnya telah menyelesaikan tugas mereka. Dengan berakhirnya pengujian tersebut, Polaris Dawn berhasil mencetak sejarah baru untuk spacewalk astronot komersial pertama.

"Perjalanan luar angkasa Polaris Dawn kini telah selesai, menandai pertama kalinya astronot komersial menyelesaikan perjalanan luar angkasa dari pesawat ruang angkasa komersial!" ujar SpaceX. "Selamat kepada (seluruh kru) dan semua tim SpaceX!"