Bagikan:

JAKARTA - Apple resmi mengumumkan peluncuran iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dalam acara "It's Glowtime" pada 9 September 2024. Kedua model ini hadir dengan desain yang mirip dengan pendahulunya, namun dengan beberapa peningkatan signifikan, termasuk prosesor yang lebih cepat, pengaturan kamera vertikal baru, dan tambahan tombol khusus untuk mengontrol kamera.

Kamera belakang kini disusun secara vertikal untuk mendukung pengambilan gambar Spatial Photos yang dapat dilihat dalam format 3D menggunakan Apple Vision Pro. Kamera utama menggunakan sensor 48MP dengan opsi Telefoto 2x, serta kamera Ultra Wide 12MP yang baru. Apple juga menghadirkan generasi terbaru dari Photographic Styles yang memungkinkan pengguna mempersonalisasi foto mereka.

Ditenagai oleh prosesor 3nm A18 terbaru, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diklaim 30% lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 15, dengan kemampuan Machine Learning yang dua kali lebih cepat dan peningkatan bandwidth memori sebesar 17%.

Layar tetap berukuran 6,1 inci untuk iPhone 16 dan 6,7 inci untuk iPhone 16 Plus. Pelindung keramiknya kini 50% lebih kuat dari generasi sebelumnya, dan dua kali lebih kuat dari kaca pada smartphone lain.

Fitur baru lainnya termasuk tombol Action yang dapat disesuaikan, dan tombol Camera Control yang memudahkan pengguna untuk mengambil foto dengan sekali tekan. Tombol ini juga dapat dikonfigurasi untuk membuka aplikasi kamera pilihan pengguna, dan akan mendukung aplikasi pihak ketiga seperti Snapchat dalam beberapa bulan ke depan.

iPhone 16 tersedia dalam lima pilihan warna: Ultramarine, Teal, Pink, White, dan Black. Pre-order akan dibuka mulai 13 September, dengan harga mulai dari  799 dolar AS (Rp12,3 juta) untuk iPhone 16 dan  899 dolar AS (Rp13,8 juta) untuk iPhone 16 Plus. Pengiriman dijadwalkan dimulai pada 20 September 2024.