Penggemar Kecewa, Peluncuran iPhone 15 Disebut Anti-Klimaks Setelah Era Setve Jobs
Produk iPhone 14 dinilai tak jauh beda dari iPhone 15. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Platform media sosial X (dulu Twitter) kurang dari 24 jam dipenuhi keluhan setelah acara 'Wanderlust' yang sangat dinanti-nantikan oleh Apple.

Meskipun perangkat seharga 799 dolar AS (Rp12,2 juta) ini hadir dalam lima warna yang belum pernah dilihat sebelumnya, dengan kamera belakang yang ditingkatkan, beberapa orang mengklaim bahwa iPhone 15 kurang memiliki perkembangan seperti yang mereka harapkan.

Umur baterai dan ukuran layar termasuk di dalamnya, dengan iPhone 15 memiliki tampilan 6,1 inci yang sama dan kapasitas pemutaran video seperti iPhone 14.

"iPhone 15 terlihat seperti iPhone 14,"  kata seorang pengguna. Sementara yang lain juga mengeluh. "Inovasi Apple hilang bersama Steve Jobs," ungkapnya. Salah satu juga men-tweet: "Apple tidak sama sekali menyebutkan umur baterai pada model iPhone 15 Pro, dan itu cukup mengecewakan mengingat seberapa banyak fokus belakangan ini pada penurunan baterai iPhone 14 dan kelesuan umum tentang masa pakai ponsel tersebut."

Kritik ini muncul setelah berbulan-bulan spekulasi seputar iPhone 15, dengan banyak produk palsu dan prediksi yang membanjiri internet. Banyak dari keluhan ini dengan benar memprediksi bahwa perangkat baru Apple akan menampilkan desain titanium mutakhir yang terbuat dari paduan yang sama dengan yang digunakan untuk membangun penjelah Planet Mars, Perseverance milik NASA.

Apple mengklaim ini akan membuat model tersebut lebih tahan lama dan ringan dibandingkan model sebelumnya.

Pergantian tombol matikan dengan 'tombol aksi' yang dapat disesuaikan juga diharapkan, ini merupakan kali pertama Apple mengubahnya sejak tahun 2007.

Pergantian konektor Lightning-nya dengan port USB-C juga sudah diantisipasi, karena Apple dengan enggan menyesuaikan diri dengan peraturan UE yang baru.

Namun, 'Name Drop' adalah salah satu fitur yang lebih mengejutkan, memungkinkan pengguna untuk berbagi detail kontak dengan cara hanya dengan menghadapkan dua perangkat iPhone. Meskipun begitu, pengamat mengatakan penampilan fisik iPhone 15 hampir identik dengan iPhone 14.

Baik iPhone 15 maupun pendahulunya memiliki layar 6,1 inci dan berat sedikit lebih dari 170g, dengan kapasitas baterai untuk memfasilitasi pemutaran video selama 20 jam.

Kedua perangkat ini juga memiliki kamera depan TrueDepth 12MP (f/1,9) dengan fungsi autofokus, meskipun kamera belakang iPhone 15 telah ditingkatkan secara signifikan.

"Oh sialan, ini iPhone 12! Maksudku 13! Maksudku 14! Maksudku iPhone 15. Tidak mungkin saya bisa membedakannya," tulis seorang pengguna X dikutip MailOnline.

Lainnya menambahkan: 'Mengikuti acara Apple dan tidak ada perbedaan antara iPhone 14 dan iPhone 15 #AppleEvent.'

Salah satu juga berkata: "Saya adalah penggemar Apple sejati dan iPhone 15 terlalu hambar. Saya akan melewatkan dan menunggu iPhone 16. Ini seharusnya disebut iPhone 14.2. Ini tidak cukup untuk mendapatkan '15'."

iPHONE 14

Harga: Rp10,7 juta

Layar: 6,1 inci

Prosesor: Chip A15 Bionic

Kamera belakang: Utama 12MP (f/1,5)

Kamera depan: Kamera TrueDepth 12MP (f/1,9)

Baterai: Hingga 20 jam pemutaran video (16 jam streaming)

Berat: 172g

Warna: Midnight, Starlight, Blue, Purple, Yellow, Red

iPHONE 15

Harga: Rp12,2 juta

Layar: 6,1 inci

Prosesor: Chip A16 Bionic

Kamera belakang: Utama 48MP (f/1,6)

Kamera depan: Kamera TrueDepth 12MP

Baterai: Hingga 20 jam pemutaran video (16 jam streaming)

Berat: 171g

Warna: Hitam, Biru, Hijau, Kuning, Merah