Bagikan:

JAKARTA - Pada bulan Mei lalu, Google menghadirkan AI Overviews di Google Search, dimulai dari Amerika Serikat. Sekarang, raksasa penelusuran itu sudah menghadirkan AI Overviews ke enam negara baru, termasuk Indonesia.

Alat ini akan membantu pengguna dengan cepat menemukan informasi dan menjelajahi semua yang ditawarkan web. Dan ketika Anda mengklik ikon link dari halaman hasil penelusuran dengan AI Overviews, situs web akan memunculkan hasil yang lebih berkualitas.

Lebih lanjut, selain tampilan link di sisi kanan yang baru untuk AI Overviews di desktop, link ini juga dapat Anda temukan di perangkat seluler dengan mengetuk ikon di bagian kanan atas hasil penelusuran.

Update ini mulai diluncurkan secara global untuk AI Overviews di semua negara yang telah diluncurkan, serta untuk pengguna Google Search Labs di lebih dari 120 negara dan wilayah.

Google juga mengaku sedang menguji penambahan link langsung di dalam teksnya, selain link utama yang sudah ditampilkan. Sehingga pengguna dapat langsung mengakses situs yang mereka minati.

Selama pengujian, Google mengaku eksperimen ini telah menunjukkan hasil awal yang positif. Dengan menampilkan link ke halaman web pendukung langsung di dalam AI Overviews, ini akan meningkatkan traffic ke situs penerbit. 

"Kami akan terus menguji berbagai cara untuk menyajikan informasi yang paling bermanfaat bagi pengguna, sambil memprioritaskan pendekatan yang mengarahkan traffic ke situs web yang relevan," tambahnya.