Bagikan:

JAKARTA - Selama 25 tahun terakhir, Google telah melakukan banyak meluncurkan inovasi teknologinya. Sekarang, dalam Google I/O 2024, Google memperluas AI Overviews ke Google Search. 

Jadi mulai saat ini, AI Overviews akan mulai diluncurkan ke semua orang di AS, dan akan segera hadir di lebih banyak negara di masa-masa mendatang. 

“Artinya, pada minggu ini, ratusan juta pengguna akan memiliki akses ke AI Overviews, dan kami berharap dapat menjangkau lebih dari satu miliar orang pada akhir tahun ini,” kata Liz Reid, Wakil Presiden, Kepala Google Penelusuran. 

Dengan dukungan kemampuan penalaran multi-langkah dari model Gemini khusus Google, AI Overviews diklaim akan dapat membantu pengguna menjawab pertanyaan yang semakin kompleks.

Misalnya, ketika Anda sedang mencari tempat gym baru, dan Anda menginginkan gym yang populer di kalangan penduduk setempat, berlokasi strategis, dan juga menawarkan diskon untuk anggota baru.

Maka dalam hitungan detik, AI Overviews di Google Search akan memunculkan beberapa rekomendasi tempat gym yang sesuai dengan permintaan Anda, dilengkapi dengan penawaran-penawaran yang diberikan. 

Selain mempermudah pengguna menemukan sesuatu, Google juga melihat bahwa tautan yang muncul di AI Overviews mendapatkan lebih banyak klik dibandingkan jika laman tersebut muncul sebagai cantuman web tradisional untuk kueri tersebut.

Menariknya, berkat kemajuan dalam pemahaman video, Google kini dapat membawa penelusuran visual ke tingkat yang baru, dengan kemampuan mengajukan pertanyaan dengan video. 

Penelusuran dengan video akan segera tersedia bagi pengguna Search Labs dalam bahasa Inggris di AS, dan Google akan memperluas ke lebih banyak wilayah seiring berjalannya waktu.