Bagikan:

JAKARTA – Ada banyak fitur yang tersedia di YouTube Music, mulai dari playlist atau daftar putar hingga radio pribadi. Dalam waktu dekat, radio pribadi bisa ditampilkan secara publik di halaman profil pengguna.

Sejak April tahun lalu, akun YouTube Music bisa diubah ke mode private atau public. Saat memilih mode kedua, pengguna lain bisa melihat daftar artis, lagu-lagu, daftar putar, dan video musik yang sering didengar atau dilihat di akun tersebut.

Google juga akan menampilkan radio pribadi dalam waktu dekat. Pengguna akan melihat tombol untuk membagikan radio pribadi melalui tautan dan tombol untuk menambahkannya ke pustaka seperti daftar putar sehingga fitur ini akan muncul di halaman profil.

Melalui halaman Bantuan YouTube Music, Google mengatakan bahwa, "Statistik dan radio pribadi Anda diperbarui setiap hari." Seluruh fitur ini tak hanya bisa dilihat, tetapi juga bisa diedit kapan pun oleh pengguna.

Untuk saat ini, radio pribadi belum diluncurkan secara luas di aplikasi YouTube Music. Jika sudah tersedia di perangkat Anda, fitur ini perlu diaktifkan terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan radio pribadi.

  1. Buka YouTube Music.
  2. Klik ikon profil, lalu buka Pengaturan.
  3. Ketuk Privasi dan Lokasi, lalu klik Pengaturan Saluran.
  4. Pilih opsi Aktifkan Radio Pribadi Publik.
  5. Ketuk Aktifkan untuk mengonfirmasi.

Setelah ditampilkan, radio pribadi juga bisa disembunyikan kembali. Caranya hampir sama dengan tahapan di atas, tetapi saat mengeklik menu Pengaturan Saluran, pilih opsi beralih dari Aktifkan Radio Pribadi. Jika sudah, fiturnya akan dinonaktifkan.