Bagikan:

JAKARTA - Gangguan pada layanan iCloud Private Relay yang memengaruhi pengguna Safari di iPhone telah resmi diatasi setelah beberapa hari mengalami masalah. Masalah ini pertama kali dilaporkan pada 26 Juli, dan mengakibatkan iCloud Private Relay menjadi lambat atau tidak tersedia untuk sejumlah pengguna. Dampak langsungnya adalah Safari di iPhone terkadang mengalami gangguan.

Apple belum mengungkapkan rincian mengenai penyebab dan solusi dari masalah ini, tetapi kini melaporkan bahwa layanan tersebut telah pulih. Data dari Apple menunjukkan bahwa iCloud Private Relay dipulihkan pada akhir pekan dan seharusnya kini berfungsi dengan baik.

Menurut data Apple, gangguan ini berlangsung dari  Kamis hingga Minggu, total selama 56 jam dan 25 menit. Masalah ini dikatakan teratasi pada pukul 10:59 PM Eastern pada Minggu, 28 Juli.

Namun, situs Down Detector melaporkan bahwa masih ada beberapa masalah minor yang sporadis terjadi sejak itu. iCloud Private Relay pertama kali diluncurkan pada 2021 dan mengalami gangguan serupa pada 2022, bersamaan dengan banyak fitur iCloud lainnya.