Bagikan:

JAKARTA – Masalah menyinkronkan foto melalui iCloud di Mac mungkin menjadi masalah bagi beberapa orang. Hal ini tentu sangat mengganggu karena foto merupakan data yang sangat penting untuk disimpan.

Banyak alasan mengapa foto iCloud tidak mau menyinkronkan, di antaranya pengaturan yang salah dikonfigurasi, adanya bug atau gangguan, kerusakan pada penyimpanan foto, dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini. Berikut merupakan lima cara untuk membuat foto iCloud kembali disinkronkan ke Mac, dikutip dari Makeuseof.

  1. Cek Status Sinkronisasi iCloud

Jika foto dan video Anda belum berhasil disinkronkan, coba periksa statusnya. Mungkin saja iCloud sedang menjeda sinkronisasi karena beberapa alasan.

Untuk memeriksanya, buka aplikasi Foto dan pilih Perpustakaan dari bar samping, kemudian pilih tab Semua Foto dan scroll ke bawah untuk lihat statusnya. Ketika sinkronisasi terjeda, mungkin terjadi karena tidak ada koneksi atau kehilangan koneksi di tengah jalan.

  1. Aktifkan Sinkronisasi Foto iCloud

Alasan lain yang sangat memungkinkan adalah sinkronisasi foto yang belum dinyalakan, terlebih jika Mac Anda baru selesai diatur. Cara mengaktifkan sinkronisasi ini adalah dengan buka aplikasi Foto, lalu klik Pengaturan di menu baru. Kemudian, buka tab iCloud dan centang kotak pada menu Foto iCloud.

  1. Tutup Paksa Aplikasi

Jika kedua cara sudah dilakukan, tetapi tak ada hasil, cobalah tutup paksa aplikasi Foto. Terkadang, aplikasi Foto di macOS bisa berhenti menyinkronkan tanpa alasan.

Cara menutupnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu klik menu Apple dan pilih Force Quit atau Paksa Keluar. Kemudian, luncurkan kembali aplikasi melalui Dock atau Launchpad.

  1. Pastikan Koneksi Berjalan Baik

Koneksi internet bisa menjadi alasan utama foto Anda tidak disinkronkan. Jika Anda sudah mengecek status sinkronisasi dan terlihat pesan status menunggu, maka periksa kembali konektivitas perangkat Anda.

  1. Periksa Penyimpanan Mac

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa penyimpanan Mac Anda. Penyimpanan yang hampir habis mungkin jadi salah satu faktornya. Untuk memeriksa penyimpanan, buka Pengaturan Sistem > Umum > Penyimpanan. Jangan lupa kosongkan sebagian dari penyimpanan Anda jika penuh.

Itu dia kelima cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat foto di Mac Anda kembali disinkronkan dengan iCloud. Jangan lupa untuk update sistem Mac terbaru untuk mengurangi masalah pada Mac Anda.