Bagikan:

JAKARTA -  Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, mengatakan pada konferensi Bitcoin 2024 di Nashville, Tennessee, bahwa Amerika Serikat harus mendominasi sektor cryptocurrency atau China akan melakukannya. Pernyataan ini merupakan langkah terbaru Trump untuk menarik dukungan para penggemar cryptocurrency, meskipun sebelumnya dia sempat menyebutnya sebagai "penipuan."

Dalam pidatonya, Trump mengklaim akan menjadikan AS sebagai pemimpin global dalam cryptocurrency dan mengadopsi regulasi yang lebih ramah dibandingkan dengan kandidat Demokrat yang kemungkinan, Wakil Presiden Kamala Harris. Trump menyatakan bahwa jika AS tidak memanfaatkan teknologi kripto dan bitcoin, negara lain, termasuk China, akan mengambil alih dominasi sektor ini.

"Jika kita tidak memanfaatkan teknologi kripto dan bitcoin, China akan melakukannya, negara lain akan melakukannya. Mereka akan mendominasi, dan kita tidak bisa membiarkan China mendominasi. Mereka sudah membuat terlalu banyak kemajuan," ujar Trump.

Meskipun China telah memberlakukan tindakan keras terhadap cryptocurrency dan memiliki kontrol ketat terhadap pergerakan modal, perdagangan token seperti bitcoin masih memungkinkan di bursa kripto dan investor China juga dapat membuka rekening bank luar negeri untuk membeli aset kripto.

Trump juga mengatakan bahwa dia akan membentuk dewan penasihat presiden kripto dan menciptakan "stok" nasional bitcoin menggunakan cryptocurrency yang saat ini dimiliki pemerintah AS, yang sebagian besar diperoleh melalui tindakan penegakan hukum. "Jangan pernah menjual bitcoin Anda," tegas Trump. "Jika saya terpilih, akan menjadi kebijakan administrasi saya untuk menjaga 100% dari semua bitcoin yang dimiliki atau diperoleh pemerintah AS di masa depan."

Harga bitcoin sempat turun setelah pidato Trump, namun kemudian rebound dan terakhir dikutip naik 0,94% menjadi  68.182 dolar. Trump juga mengulangi niatnya untuk mengurangi hukuman Ross Ulbricht, yang sedang menjalani hukuman seumur hidup karena menciptakan dan mengoperasikan situs Silk Road yang memungkinkan pengguna membeli dan menjual obat-obatan dan produk ilegal lainnya secara rahasia.

Meskipun Trump menganggap cryptocurrency sebagai "penipuan" pada tahun 2021, dia kini mendukung perluasan penambangan bitcoin oleh perusahaan AS. Pengacara kripto merasa terkejut dengan proposal Trump untuk menciptakan cadangan bitcoin strategis, menyebutnya sebagai "suara kepercayaan yang luar biasa."

Sementara itu, eksekutif kripto merasa kesal dengan tindakan penegakan hukum dari Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) di bawah Presiden Joe Biden, yang mengklaim bahwa beberapa perusahaan kripto, termasuk Coinbase dan Binance, memfasilitasi perdagangan aset digital yang seharusnya terdaftar sebagai sekuritas.

Sekelompok hampir 30 anggota kongres dan kandidat Demokrat mengirimkan surat kepada Komite Nasional Demokrat dan Harris, mendesak mereka untuk mengambil pendekatan "masa depan" terhadap aset digital. Mereka menekankan bahwa teknologi kripto dan blockchain memiliki dampak besar dalam memastikan kemenangan di berbagai pemilihan