Bagikan:

JAKARTA - Anggota kongres dari Partai Republik, Matt Gaetz. Ia memperkenalkan rancangan undang-undang yang akan mewajibkan Departemen Keuangan Amerika Serikat menerima pembayaran pajak dalam bentuk bitcoin. RUU ini menandai upaya resmi pertama di tingkat nasional oleh seorang politisi AS untuk membawa bitcoin lebih dekat menjadi alat pembayaran yang sah.

RUU yang diajukan oleh Rep. Matt Gaetz (R-Florida) ini memerintahkan Sekretaris Keuangan untuk “mengembangkan dan menerapkan metode yang memungkinkan pembayaran pajak dengan bitcoin.”

Menurut Gaetz, memungkinkan pembayaran pajak dengan bitcoin akan mendorong inovasi sekaligus meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi pembayaran bagi warga Amerika.

Dikutip dari CryptoPotato, Gaetz melalui akun X (sebelumnya Twitter), mengatakan “Ini adalah langkah berani menuju masa depan di mana aset digital memainkan peran vital dalam sistem keuangan kita, memastikan bahwa AS tetap berada di garis depan kemajuan teknologi.” 

Legislasi ini juga memungkinkan Departemen Keuangan untuk menetapkan peraturan yang paling sesuai untuk mengakomodasi pembayaran bitcoin, termasuk persyaratan bahwa semua pembayaran segera dikonversi ke dolar AS.

BACA JUGA:


Inspirasi dari El Salvador

Gaetz baru-baru ini mengunjungi El Salvador untuk menghadiri pelantikan kedua Presiden Nayib Bukele, yang menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS pada tahun 2021. Dalam siaran persnya, Gaetz menyatakan bahwa ia terinspirasi oleh visi El Salvador untuk aset digital, yang telah membantu mempromosikan stabilitas keuangan dan penciptaan lapangan kerja di Amerika Tengah.

Dengan pemilihan Presiden AS hanya lima bulan lagi, para kandidat semakin meningkatkan daya tarik mereka kepada investor kripto dan industri yang lebih luas. Mantan Presiden Donald Trump berulang kali berjanji untuk mengakhiri “perang terhadap kripto” yang dilakukan oleh Presiden Biden dan Senator Elizabeth Warren jika terpilih kembali. Trump juga menyerukan agar Amerika Serikat mendominasi industri penambangan Bitcoin dan membantu menjadikan negara tersebut “dominasi energi.”

Sementara itu, pendekatan Biden terhadap kripto kurang konsisten. Meskipun baru-baru ini memveto RUU pro-kripto yang disahkan oleh kedua Kongres, ia juga membuka kampanyenya untuk donasi kripto bekerja sama dengan bursa kripto Coinbase, sebuah upaya yang mendapat kritik keras dari komunitas kripto.