Bagikan:

JAKARTA - Lion Parcel, perusahaan jasa logistik di Indonesia, bekerja sama dengan Salesforce, CRM AI terkemuka, untuk meningkatkan layanan pelanggannya melalui integrasi perangkat AI generatif. 

Melalui adopsi teknologi ini, Lion Parcel berupaya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara menyeluruh, mulai dari proses akuisisi hingga layanan setelah pengiriman.

“Dengan menggunakan solusi dari Salesforce dan AI, kami dapat secara efektif menganalisis dan mengambil tindakan terhadap data pelanggan secara real-time dalam satu platform,” kata Budi Santoso, Chief Experience Officer, Lion Parcel.

Bersama Salesforce, Lion Parcel telah mengadaptasi teknologi terkini AI generatif untuk interaksi pelanggan yang lebih spesifik dan relevan, namun tetap terasa seperti manusia. 

Integrasi AI generatif ke dalam layanan pelanggan Lion Parcel akan membantu tim Customer Care lebih fokus pada proses identifikasi masalah yang lebih efektif dan terarah. 

Sementara, pertanyaan general seperti harga ongkos kirim dan lokasi agen terdekat akan dibantu oleh teknologi AI. 

Sebagai contoh pemanfaatan teknologi ini, Lion Parcel sudah menggunakan AI untuk menangani sekitar 90 persen interaksi pelanggan di WhatsApp sebagai platform yang paling banyak digunakan pelanggan untuk berkomunikasi. 

Pada kasus-kasus yang membutuhkan penanganan khusus, solusi AI ini secara otomatis meneruskan kasus tersebut ke agen layanan yang sesuai, yang kemudian mencatat kasus tersebut di Service Cloud dan untuk segera dilakukan pengambilan keputusan yang diperlukan.

“Penggunaan AI oleh Lion Parcel dengan Salesforce menjadi contoh bagaimana teknologi ini dapat mempersonalisasi pengalaman pelanggan dalam skala besar. Kami sangat senang dapat terus mendukung perjalanan Lion Parcel untuk menjadi pemain logistik terdepan di Indonesia,” ujar Vice President and General Manager, Salesforce ASEAN.