Bagikan:

JAKARTA - Kontingen esports Free Fire dari Provinsi Jawa Barat berhasil menyabet medali emas di cabang olahraga (cabor) esports di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut).

Diisi oleh atlet-atlet profesional esports seperti Irgi Ramdani (EVOS Divine), Raihan Faelani (MBR Epsilon), Muhammad Azriel Maulana (Kagendra), Sulthan Syah Abadi Putra (MBR Epsilon), dan Ridho Alfian Ramadan (Bigetron Delta), tim Jabar berhasil bermain prima selama dua hari.

Sejak hari pertama, mereka berhasil memuncaki klasemen dengan membukukan total 90 poin. Performa positif itu kemudian terus berlanjut hingga hari kedua, dengan menorehkan 122 poin.

Dengan demikian, Jabar berhasil menyabet medali emas dengan total 212 poin, unggul dari Selatan (161 poin) di peringkat kedua, dan Papua (144 poin) di peringkat ketiga.

Selain itu, kunci kemenangan Jawa Barat di cabor esports nomor Free Fire juga tak bisa dilepaskan dari duet Christian "Chrisjo" Jonathan Pascoal dan Arif “AK” Kurniawan sebagai Coach.

“Menjadi kontingen pertama yang menyumbang medali emas dari cabor esports merupakan catatan yang sangat spesial bagi kami di kontingen Jawa Barat,” ujar Chrisjo dalam keterangan tertulisnya.

Klasemen akhir cabor esports Free Fire PON XXI Aceh-Sumut 2024 adalah sebagai berikut:

Provinsi Jawa Barat (212 Poin)

Provinsi Sulawesi Selatan (161 Poin)

Provinsi Papua (144 Poin)

Provinsi Sulawesi Utara (133 Poin)

Provinsi Sulawesi Tenggara (128 Poin)

Provinsi Sumatra Selatan (115 Poin)

Provinsi Bali (100 Poin)

Provinsi Riau (79 Poin)

Provinsi Sumatra Utara (73 Poin)

Provinsi Gorontalo (62 Poin)

Provinsi Aceh (51 Poin)Provinsi Jawa Tengah (34 Poin)

Free Fire merupakan salah satu dari lima nomor g yang dipertandingkan dan menyediakan medali resmi di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Secara total, ada tujuh gim yang dipertandingan di PON kali ini.

Babak utama cabor esports PON XXI Aceh-Sumut 2024 diikuti oleh perwakilan dari 24 Provinsi yang terdiri dari 260 atlet dan 52 kontingen esports serta 16 atlet dan 6 kontingen mengikuti babak ekshibisi, yang berlangsung dari 13 September hingga 19 September 2024.