Bagikan:

JAKARTA – Amazon, perusahaan teknologi asal Amerika, menghentikan produksi robot Astro for Business. Tak hanya produksinya, kinerja robot ini akan dihentikan secara paksa pada 25 September mendatang.

Dengan dibuatnya keputusan ini, robot seberat 20 pon itu akan berhenti berfungsi selamanya. Bagi pelanggan yang telah membeli robot beroda tersebut, Amazon akan memberikan pengembalian dana penuh sebesar 2.349,99 dolar AS (Rp38 juta).

Amazon juga akan memberikan dana tambahan sebesar 300 dolar AS (Rp4,9 juta). Pihak perusahaan tidak menyebutkan berapa banyak unit robot yang sudah terjual hingga saat ini. Oleh karena itu, kerugian dari penghentian robot ini tidak bisa diperkirakan.

Lindo St. Angel, Wakil Presiden Bidang Rekayasa Perangkat Keras Amazon, mengatakan bahwa robot keamanan mereka dihentikan secara paksa karena mereka akan fokus dengan Astro for Home, tipe robot yang memang dirancang untuk rumah.

"Untuk mempercepat kemajuan dan penelitian berkelanjutan kami guna menjadikan Astro sebagai robot rumahan terbaik, kami telah memutuskan untuk menghentikan dukungan untuk Astro for Business," kata Angel, dikutip dari The Verge.

Pelanggan yang sebelumnya menggunakan Astro for Business akan mendapatkan undangan untuk mencoba Astro for Home. Angel tidak menyebutkan kapan Astro for Home ini akan diluncurkan, tetapi sepertinya masih dalam tahap pengembangan.

"Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi saya gembira dengan perubahan ini dan ke mana perubahan ini akan membawa kita pada tahap selanjutnya dalam perjalanan kita," ungkap Angel.