Bagikan:

JAKARTA - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, saat ini pemerintah masih melakukan pemulihan terhadap Pusat Data Nasional Sementara

Semmy juga mengaku bahwa timnya juga sudah mencoba kunci dekripsi PDNS 2 yang sudah diberikan oleh kelompok ransomware Brain Cipher pada Rabu, 3 Juli kemarin, dan sudah berhasil sebagian. 

“Kami juga mendapatkan, dan kita sudah coba di spesimen kita, memang berhasil dibuka. Tapi kita belum tahu karena kan di kunci banyak. Itu masih lagi dikerjakan,” kata Semmy pada Kamis, 4 Juni di Jakarta. 

Dia mengatakan, saat ini kondisi PDNS 2 yang berada di Surabaya masih terkunci dan terisolasi. Karena, masih diperlukan beberapa tindakan yang lebih mendalam. 

“Masih terkinci harus dibuka. Udah diisolasi,” tegasnya. 

Semmy yang merasakan bertanggung jawab atas kejadian ini juga mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo. Namun demikian, Menkominfo Budi Arie Setiadi masih memproses surat pengunduran dirinya. 

“Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 juli, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan saya suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo,” ucap Semmy.