Bisnis Jack Ma <i>Dipreteli</i> Satu Persatu, UC Browser Dilenyapkan Pemerintah China
Jack Ma (Fortune)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar buruk bagi bisnis Jack Ma. Kini peramban internet milik Alibaba, UC Browser dihapus dari sejumlah toko aplikasi di China. 

Ini terjadi sehari setelah Presiden China Xi Jinping mengumumkan akan memulai tindakan keras terhadap perusahaan besar teknologi. UC Browser Alibaba itu telah dihapus dari toko aplikasi yang dioperasikan Huawei, Xiaomi dan Tencent.

Dilansir dari laman South China Morning Post, hilangnya aplikasi peramban ini terjadi setelah UC Browse dikritik dalam sebuah acara yang disiarkan oleh CCTV, lembaga penyiaran yang dimiliki negara, tentang iklan medis online yang menyesatkan.

Acara tersebut menuduh UC Browser mengizinkan rumah sakit swasta untuk menawar 'nama rumah sakit paling terkenal di China' dalam kata kunci pencarian. Sehingga berpotensi memikat pasien ke situs web mereka alih-alih rumah sakit umum yang seharusnya dikunjungi.

Juru Bicara UC Browser mengatakan akan melakukan koreksi. Perusahaan mengatakan konten iklan ilegal telah dihapus.

"Dengan cepat akan melakukan serangkaian tindakan untuk memeriksa dan memperbaiki," ujar UC Browser dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan lebih meningkatkan tinjauan konten dan memikul lebih banyak tanggung jawab, dan memberikan layanan info yang baik dengan standar yang lebih ketat."

Tak hanya mempreteli bisnis Jack Ma, Presiden Xi Jinping juga telah memblokir IPO 37 miliar dolar AS perusahaan kelompok Alibaba Ant Group, November lalu. Dan Jack Ma, pendiri Alibaba dan orang terkaya di China, hampir tidak terlihat di depan umum sejak itu.