Jurus Diplomasi Lukisan Ala Jack Ma dan Masayoshi Son
Masayoshi Son, CEO SoftBank (Economic Times)

Bagikan:

JAKARTA - Bos SoftBank, Masayoshi Son mengabarkan informasi teranyar mengenai Jack Ma. Bos Alibaba itu sudah tidak terlihat di publik pasca melontarkan kritikan kepada sistem keuangan China. Meskipun Jack Ma memilih untuk tidak muncul di publik, kabar terkini tentang dirinya diungkapkan oleh Masayoshi.

Jack Ma dan Masayoshi dikenal sebagai dua orang yang menyukai lukisan. Mereka juga kerap melukis dan bertukar karya. Dalam sejumlah pertemuan ia mengukapkan bahwa tidak selalu membicarakan bisnis tapi juga membicarakan karya seni.

“Tak selalu tentang bisnis,” kata Masayoshi di sela-sela pembahasan keputusan keras China terhadap Alibaba dan Ant Group milik Jack Ma sebagaimana yang dikutip dari CNN International.

Masayoshi Son mengungkapkan bahwa dirinya dan Jack Ma tetap menjalin hubungan baik walaupun Jack Ma memilih untuk tidak muncul dari sorotan publik selama beberapa bulan ini.

“Jack Ma suka melukis dan telah mengirimkan saya banyak gambar lukisan,” ujar Masayoshi Son.

Dia juga mengatakan bahwa Jack Ma biasanya selalu memberikan respon atas karya lukis buatannya setelah memperlihatkan gambar lukisan. “Tiga puluh menit atau lebih, sebelum saya pergi tidur, saya melukis beberapa gambar... menunjukkan [lukisan] kepadanya,” ungkap Masayoshi.

Masayoshi juga merespon kritikan Jack Ma terhadap sistem keuangan China, ia mengatakan bahwa pemerintah China terlalu hati-hati dan terlalu memfokuskan diri pada penanggulangan risiko yang berpotensi menghambat inovasi. Hal ini memberikan tekanan kuat kepada perusahaan milik Jack Ma, Alibaba dan Ant Group.  

Pemerintah juga telah membatalkan IPO Ant Group dalam bursa saham di Hong Kong dan Shanghai. Otoritas Keuangan China juga melakukan penyelidikan terhadap sistem keuangan Ant Group yang dicurigai melakukan monopoli.

Investor pertama Alibaba adalah SoftBank. Jack Ma dan Masayoshi saling bantu membesarkan perusahaan Alibaba. Sebelumnya, Jack Ma juga sempat menduduki jabatan direksi SoftBank bersama Masayoshi. Lalu Jack Ma memutuskan untuk mengundurkan diri dari SoftBank setelah memilih mundur dari Alibaba.

Sampai saat ini SoftBank menjadi pemegang mayoritas saham Alibaba. Bagi SoftBank, Alibaba adalah mesin uang yang paling penting SoftBank.