Bagikan:

JAKARTA - Masayoshi Son, Chief Executive of SoftBank Group, mengatakan pada  Selasa 20 Juni bahwa dia adalah "pengguna berat" dari ChatGPT, chatbot berbasis kecerdasan buatan dari perusahaan startup OpenAI yang didukung oleh Microsoft.

"Saya berbicara dengan ChatGPT setiap hari - saya adalah pengguna berat," kata Son kepada pemegang saham dari anak perusahaan telekomunikasi grupnya,dikutip Reuters.

Dalam tengah kegembiraan terhadap kecerdasan buatan, Son telah mundur dari pernyataan publik dalam beberapa bulan terakhir untuk fokus pada rencana penawaran umum perdana perancang chip Arm, sementara konglomerat investasi teknologinya mencatat kerugian besar akibat nilai portofolio yang terus turun.

Son juga mengatakan bahwa dia berbicara "hampir setiap hari" dengan CEO OpenAI, Sam Altman, yang telah melakukan kunjungan  ke pajabat tinggi di Tokyo tahun ini dengan tujuan memanfaatkan minat pada kecerdasan buatan generatif dan mempengaruhi regulasi teknologi yang sedang berkembang di seluruh dunia.

Startup yang berbasis di San Francisco ini didukung oleh investasi dari Microsoft, yang dianggap sebagai pemimpin dalam adopsi kecerdasan buatan dan telah memulai sejumlah peningkatan kecerdasan buatan.

SoftBank akan mengadakan rapat umum tahunan pada  Rabu, 21 Juni dengan pasar mencari rincian tentang pandangan investasi Son di saat minat pada kecerdasan buatan mendorong pengeluaran modal di seluruh dunia.

Son telah lama berargumen bahwa kecerdasan buatan adalah kekuatan pendorong di balik aktivitas investasinya, tetapi dia harus menghadapi kegagalan yang sangat terkenal seperti perusahaan berbagi ruangan WeWork dan pelemahan valuasi startup-startup pertumbuhan tinggi yang dia favoritkan.

Pencatatan saham yang sukses dari Arm, yang berbasis di Cambridge, Inggris, akan dianggap sebagai kemenangan yang sangat dibutuhkan bagi konglomerat Jepang yang berhutang ini, yang peringkat kredit jangka panjangnya bulan lalu diturunkan oleh S&P Global Ratings mengutip eksposisinya terhadap perusahaan-perusahaan tidak terdaftar.

Saat para pengamat memperdebatkan kemampuan Son dalam memilih pemenang dalam ekonomi yang diperkirakan akan semakin didorong oleh kecerdasan buatan, saham grupnya telah terlibat dalam kehebohan saham chip dan saham terkait kecerdasan buatan, naik sekitar 30% pada kuartal ini.