Bagikan:

JAKARTA - Saat Kejuaraan Eropa dimulai, jutaan masyarakat di seluruh dunia mulai berbondong-bondong ke layar dan stadion sepak bola untuk menyaksikan pertandingan sepak bola dunia itu. 

Namun tanpa disadari, para ahli Kaspersky menemukan banyak penipuan yang dibuat oleh penjahat dunia maya dengan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengeksploitasi salah satu peristiwa yang paling dinantikan pada tahun 2024.

Tiket palsu

Pakar Kaspersky telah menemukan halaman penipuan yang menyamar sebagai perusahaan energi populer Jerman, yang menawarkan tiket giveaway ke EURO 2024. Setelah melanjutkan, pengguna akan diminta untuk mengisi formulir dengan nama, nomor telepon, dan alamat mereka. 

Kampanye ini sangat tepat sasaran, menyasar karyawan dan mitra perusahaan korban, yang berarti penipu akan memanfaatkan segala keuntungan untuk menyusup ke infrastruktur target.

Penipuan kripto

Penipu memanfaatkan popularitas EURO 2024 dengan menjual koin khusus yang menampilkan pemain populer, menjanjikan keuntungan yang mengesankan. 

Misalnya, para ahli Kaspersky menemukan skema yang melibatkan koin yang diberi nama Harry Kane yang dipromosikan melalui beragam media sosial. Para trader kemudian bergegas membeli koin tersebut, sehingga menaikkan harganya. Begitu harga meningkat, para penipu menjual kepemilikan mereka, menyebabkan nilai koin anjlok dalam hitungan menit.

Streaming palsu

Pengguna online juga harus tetap waspada, karena para ahli Kaspersky telah menemukan platform streaming palsu yang menawarkan liputan acara eksklusif dengan harga murah. Selain membocorkan pembayaran dan data pribadi, situs-situs ini mungkin memiliki kerentanan XSS bawaan yang memungkinkan penyerang mengontrol browser Anda.

Toko merchandise palsu

Para ahli juga menemukan toko online palsu yang menjual perlengkapan fandom: seragam, syal, topi, dan lainnya dengan diskon 40%. Tentu saja, mereka yang terpikat tidak pernah menerima barang yang tersebut.