Negatif Corona, Menkominfo Johnny G Plate Tetap <i>Ngantor</i>
Menkominfo Johnny G Plate (dok. Humas Kemenkominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sempat menjalankan pemeriksaan tes virus corona (SARS-Cov-2) atau COVID-19 beberapa hari lalu. Hasilnya ia dinyatakan negatif terinfeksi COVID-19.

Pemeriksaan itu dilakukannya setelah Johnny melakukan rapat terbatas bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dikemudian hari dikonfirmasi positif virus corona. Dengan mengikuti serangkaian tes pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

"Test lab darah, rontgen paru dan tes swab di RSPAD Gatot Subroto hasilnya semua negatif (dari COVID-19)," kata Johnny saat dikonfirmasi, Jumat, 20 Maret.

Mengetahui hasil lab nya negatif, Plate memutuskan untuk tetap bekerja di kantor Kemenkominfo. Kendati tidak bekerja dari rumah atau mengisolasi diri, ia tetap membatasi diri untuk mengurangi kontak fisik.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah, guna menekan angka kontaminasi COVID-19. Setidaknya Pemprov DKI Jakarta, tempat kantor Kominfo berada telah mengeluarkan imbauan untuk work from home selama beberapa hari ke depan.

"Saya masih bekerja di kantor namun kontak yang sangat terbatas dengan para pejabat maupun bila secara darurat bertemu dengan pihak-pihak yang sangat selektif. Yang terus diperhatikan adalah jaga jarak kontak fisik dan secara regular gunakan hand sanitizer," jelasnya.

Berbeda dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang memilih untuk bekerja dari rumah, sekali pun dinyatakan negatif COVID-19. Ia memilih untuk self isolated untuk meminimalisir kontak fisik, selama wabah virus corona.

Menkeu beralasan bahwa ia ingin memberi contoh kepada jajarannya serta masyarakat untuk melakukan social distancing. Terlebih dengan meningkatnya penularan virus corona di Indonesia.

Seperti diketahui, pekan lalu sejumlah pejabat termasuk Presiden Joko Widodo dan ibu negara melakukan serangkaian pemeriksaan tes COVID-19 di RSPAD Gatot Subroto. Langkah ini dilakukan setelah, Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Beberapa menteri di Kabinet Kerja juga telah menyampaikan hasil pemeriksaan tes yang dinyatakan negatif corona. Selain Johnny dan Sri Mulyani, ada Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.