HP Samsung Galaxy Hilang, Begini Cara Mencarinya Lewat <i>SmartThings Find</i>!
Samsung Galaxy S21 5G (dok. Samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Hilang bukan berarti tidak bisa ditemukan. Dan berkat fitur Smarthing Find, pemilik ponsel Samsung Galaxy kini bisa lebih tenang. Pasalnya, fitur ini memungkinkan perangkat yang hilang bisa ditemukan dengan cepat.

Sebenarnya, fitur ini sudah lama diluncurkan perusahaan. Hanya saja, pada Galaxy S21 series, fitur Smarthing Finds mendapatkan peningkatan. Baik dari segi teknologi maupun fitur-fitur pendukung.

Pada Galaxy S21 series, SmartThings Find menawarkan layanan dari dua platform yang berbeda. SmartThings sendiri merupakan platform milik Samsung. Kemudian digabungkan dengan fitur Find yang sebelumnya ada pada layanan Find My Mobile milik perusahaan.

Layanan pelacak perangkat ini menggunakan dua jenis teknologi komunikasi nirkabel. Yakni Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra Wideband (UWB). Kombinasi kinerja dari kedua teknologi tersebut menghasilkan Peta Panas berbasis Augmented Reality (AR) dalam operasi pencarian perangkat.

Saat event Galaxy Unpacked 2021, Samsung menjelaskan bahwa layanan ini memungkinkan pemilik untuk melacak keberadaan perangkat. Bahkan ketika perangkat tersebut dalam keadaan offline atau di luar jaringan.

“Setelah perangkat offline selama 30 menit, perangkat akan menghasilkan sinyal BLE yang bisa diterima oleh perangkat lain. Nantinya, ketika Anda melaporkan perangkat yang hilang melalui SmartThings Find, smartphone atau tablet Galaxy terdekat dengan perangkat Anda yang hilang akan mengirimkan sinyal untuk memberitahu lokasinya,” jelas Samsung dalam siaran pers, dilansir dari Trusted and Reviews, Jumat, 12 Maret.

Fitur SmartThings Find (YouTube)

Cara Menggunakan SmartThings Find untuk Menemukan Ponsel yang Hilang

Berbekal teknologi tersebut, kini pengguna HP Samsung Galaxy bisa lebih mudah menemukan perangkat yang hilang. Baik hilang karena dicuri, atau terselip di suatu tempat.

Namun, untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lalu. Dirangkum dari halaman Dukungan Samsung, berikut ini cara menggunakan SmartThings agar ponsel Anda lebih mudah dicari ketika hilang.

Sebelumnya, Anda perlu mengunduh lalu memasang aplikasi SmartThings pada perangkat. Anda bisa mengunduhnya lewat Play Store. Jika sudah, ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Buka aplikasi SmartThings
  2. Ketuk tombol Masuk, lalu Buat Akun, kemudian isi centang pada menu Syarat dan Ketentuan Samsung
  3. Masukkan alamat email yang Anda
  4. Ketikkan nama depan, nama belakang, serta kode pos untuk membuat akun pada aplikasi ini
  5. Ketuk berikutnya, kemudian diakhiri dengan mengetuk tombol Selesai

Begitu aplikasi sudah siap, Anda perlu membuat lokasi untuk menambahkan Hub SmartThings. Caranya dengan mengetuk tab Perangkat pada menu drop-down yang muncul di layar, ketuk menu Lokasi, lalu pilih Tambah Lokasi dan berikan nama pada Lokasi baru Anda. Setelahnya Geolokasi akan menentukan lokasi fisik dari perangkat.