Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Argentina bekerja sama dengan El Salvador untuk mempelajari pengalaman adopsi Bitcoin dan aktivitas kripto lainnya. Regulator sekuritas Argentina, National Securities Commission (CNV), mengadakan pertemuan dengan National Commission of Digital Assets (CNAD) dari El Salvador untuk membahas adopsi dan regulasi kripto di kedua negara, menurut pengumuman resmi dari CNV.

Pada pertemuan yang diadakan pada 23 Mei, Presiden CNV Roberto Silva, Wakil Presiden CNV Patricia Boedo, dan Presiden CNAD Juan Carlos Reyes mendiskusikan pengalaman El Salvador sebagai negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada September 2021.

Para pejabat bertukar pendekatan dan konsep penggunaan cryptocurrency dalam ekonomi global, khususnya fokus pada kasus Bitcoin di El Salvador.

Penguatan Kerja sama

Presiden CNV Silva menekankan bahwa El Salvador tidak hanya muncul sebagai pemimpin global dalam adopsi Bitcoin tetapi juga unggul dalam industri cryptocurrency secara umum. Silva menyoroti pentingnya wawasan industri yang ditemukan oleh CNAD, yang mengawasi dan mengatur pasar aset digital di El Salvador. 

"Kami ingin memperkuat hubungan dengan Republik El Salvador, dan oleh karena itu, kami akan mengeksplorasi kemungkinan untuk menandatangani perjanjian kerja sama dengan mereka," kata Silva.

Wakil Presiden CNV Boedo, yang mengunjungi El Salvador untuk berpartisipasi dalam pertemuan tentang pengembangan pasar pada bulan Maret, menekankan peran penting keahlian El Salvador dalam industri kripto.

"Argentina adalah pionir dalam teknologi dan National Securities Commission memahami dan ingin bekerja dengan industri ini secara efisien dan menciptakan regulasi yang sesuai," kata pejabat El Salvador, Reyes.

Langkah Argentina dalam Regulasi Kripto

Berita ini muncul  di tengah langkah Argentina yang semakin maju dalam mengatur pasar cryptocurrency lokal dan menetapkan persyaratan pendaftaran untuk perusahaan kripto pada bulan April. Negara ini secara aktif bergerak menuju cryptocurrency sejak politisi yang mendukung Bitcoin, Javier Milei, menjadi Presiden Argentina pada akhir 2023.

Pada akhir 2023, Menteri Luar Negeri Argentina, Diana Mondino, mengklaim bahwa pemerintah sedang mempersiapkan dekrit untuk melegalkan penggunaan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya di negara tersebut untuk pembayaran di bawah kondisi tertentu.

Dengan kerja sama ini, Argentina berharap dapat memanfaatkan pengalaman El Salvador untuk mengembangkan regulasi yang efektif dan mendukung perkembangan industri kripto di negaranya.