Bagikan:

JAKARTA - Sebagai jaringan Layer 2 berbasis Ethereum yang menekankan privasi, COTI baru-baru ini mengumumkan peluncuran Devnet, jaringan pengembang yang memiliki peran penting dalam ekosistem Web3. Peluncuran ini menandai penggunaan pertama sirkuit garbled dalam pengembangan blockchain. Sirkuit garbled adalah teknik kriptografi yang memungkinkan pelestarian privasi dalam lingkungan komputasi multi-pihak (MPC).

Devnet COTI V2 memperkenalkan layer unik yang bersifat rahasia dalam ekosistem DApp,. Layer ini memungkinkan pengembang Web3 untuk mengeksplorasi berbagai utilitas yang sebelumnya terbatas karena kekhawatiran soal privasi. Beberapa fungsi dasar blockchain yang akan difasilitasi oleh COTI V2 termasuk berbagi data, verifikasi, dan komputasi multi-pihak (MPC), semuanya sambil menjaga privasi data pengguna.

Jaringan pengembang ini memungkinkan eksperimen cepat dengan kontrak pintar COTI V2 yang kompatibel dengan EVM dan menggunakan bahasa pemrograman Solidity. Selain itu, Devnet juga mendukung alat penting lainnya untuk pembangunan DApp, termasuk Python SDK, NodeJS SDK, penjelajah untuk analitik on-chain, akses server, faucet untuk menutupi biaya gas untuk aktivitas on-chain, dan dokumentasi yang luas.

Program Grant Accelerator COTI

Pengumuman peluncuran Devnet COTI sejalan dengan peluncuran program hibah baru bernama ABC Growth Fund. COTI telah mengalokasikan 400 juta token $COTI untuk inisiatif ini guna mendorong inovasi dalam ekosistem Layer 2 yang berfokus pada privasi.

Menurut siaran pers resmi, ABC Growth Fund ditujukan bagi (A)mbassadors, (B)uilders, dan ©reators yang ingin memanfaatkan solusi privasi dunia nyata untuk memperluas jangkauan dan daya tarik solusi blockchain. CEO COTI, Shahaf Bar-Geffen, menyambut peluncuran Devnet dan mengundang inovator di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam ekosistem melalui program hibah ini:

“Dengan program Builders kami, kami mengundang tim di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam jaringan pengembang COTI V2 dan berbagi apa yang Anda bangun. Kami memiliki tahun yang luar biasa di depan untuk membangun hal-hal baru, membuat mitra baru, dan mengembangkan jaringan COTI.”

“Kami memiliki tahun yang luar biasa di depan untuk membangun hal-hal baru, membuat mitra baru, dan mengembangkan jaringan COTI,” kata Bar-Geffen. 

Hingga saat ini, peluncuran program Builders sedang berlangsung; pengembang yang tertarik dapat mengajukan bukti konsep (PoC) kontrak pintar (smart contract) yang berfokus pada privasi untuk memenuhi syarat menerima hibah antara 1.000 dolar AS (sekitar Rp15,9 juta) dan 100.000 dolar AS (sekitar Rp1,59 miliar). Inisiatif ini disusun dalam empat tingkatan berdasarkan dampak bertingkat pada ekosistem Layer 2 kerahasiaan COTI V2.