Bagikan:

JAKARTA – Pembaruan iOS 17.5 yang dirilis pada 14 Mei menyertakan bug yang harus diperbaiki oleh Apple. Meski tidak berkaitan dengan sistem, fitur ini bisa mengganggu atau merepotkan sebagian pengguna.

Seorang pengguna Reddit, dikutip dari 9to5mac, melaporkan masalah pada aplikasi Foto mereka setelah memperbarui versi iOS. Pengguna iPhone itu mengatakan bahwa foto yang telah dihapus beberapa tahun lalu tiba-tiba muncul kembali tanpa di-restore.

"Saat berbincang dengan pasangan saya, saya ingin mengirimkan foto dan melihat bahwa foto terakhir adalah foto NSFW (Not Safe For Work) yang sudah kita hapus beberapa tahun lalu ketika kita tinggal secara terpisah," tulis pengguna tersebut.

Temuan foto yang dihapus ini cukup aneh karena foto-fotonya telah dihapus secara permanen beberapa tahun lalu. Masalah ini menunjukkan bahwa foto yang sudah dihapus, baik secara permanen atau tidak, tidak akan benar-benar terhapus dari sistem.

Pengguna lainnya juga mengeluhkan masalah yang serupa. Ia mengatakan bahwa ada foto yang muncul kembali di iCloud, padahal foto-foto tersebut sudah dihapus lebih dari satu dekade lalu. Meski sudah dihapus, foto ini terus muncul kembali.

"Sama (dengan saya) di sini. Saya memiliki empat foto dari tahun 2010 yang terus muncul kembali sebagai foto terbaru yang diunggah ke iCloud. Saya telah menghapusnya berulang kali (tetapi fotonya terus muncul kembali),” tulis pengguna lainnya.

Pengguna Reddit lainnya melaporkan hal yang serupa. Tak sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa foto-foto yang muncul telah dihapus setahun atau bahkan beberapa tahun yang lalu. Masalah ini membuat beberapa pengguna mempertanyakan privasi mereka.

Seluruh aplikasi Foto, baik di Android maupun di iOS, memiliki fitur Baru Dihapus. Fitur ini akan menyimpan seluruh foto yang dihapus selama 30 hari. Jika fotonya dibiarkan selama lebih dari 30 hari, foto-foto tersebut seharusnya terhapus secara permanen.

Oleh karena itu, banyak yang bingung dengan foto yang muncul kembali di ponsel mereka. Hingga saat ini, Apple belum memberikan komentar dan banyak pengguna iPhone yang menjadi khawatir dengan privasi dan penyimpanan data mereka.