Bagikan:

JAKARTA – Teknologi terus meningkat dari tahun ke tahun, tak terkecuali ponsel. Perangkat genggam ini memiliki banyak fitur dan komponen baru yang menunjukkan peningkatannya, tetapi masih ada ponsel yang tertinggal.

Jika Anda ingin membeli ponsel baru, Anda harus mencari tahu fitur apa saja yang memenuhi standar industri di tahun ini. Berikut ini beberapa fitur yang perlu Anda pertimbangan sebelum membeli ponsel baru, dikutip dari Makeuseof.

Refresh Rate dengan Kecepatan Tinggi

Sebelumnya, refresh rate 60Hz merupakan kecepatan refresh yang sangat tinggi, tetapi kini tidak lagi. Saat ini, mayoritas ponsel di kelas mid-range atau menengah sudah menggunakan kecepatan refresh hingga 120Hz.

Tak semua orang menyadari perbedaan dari 60Hz ke 120 Hz sehingga mereka sering mengabaikan hal yang satu ini. Jika Anda sulit mencari refresh rate 120Hz, setidaknya Anda perlu mencari ponsel dengan refresh rate 90Hz.

Kameranya Menggunakan Tiga Lensa

Anda mungkin menyadari bahwa lensa ponsel terus bertambah. Dari yang awalnya hanya satu, kini bisa menjadi empat atau bahkan lima. Sebenarnya, lensa yang banyak ini juga menunjukkan kemampuan dari kamera yang dimiliki perangkat tersebut.

Tiga lensa pada kamera memiliki fungsi yang berbeda, yaitu lensa biasa, lensa ultra-wide, dan lensa telefoto. Seluruh ponsel, baik Android maupun iOS, seharusnya memiliki tiga lensa tersebut. Semakin mahal harga ponselnya, lensanya pun harus semakin bagus.

RAM Tidak Kurang dari 8GB

Semakin banyak fitur dan aplikasinya, semakin banyak juga memori penyimpanan yang terkuras. Jika di zaman dahulu kita bisa bertahan dengan ponsel yang memiliki RAM 2GB, sekarang sudah tidak bisa karena RAM yang dimiliki harus semakin besar.

6GB tidak masalah jika Anda ingin membeli iPhone, tetapi tidak untuk perangkat Android. Anda harus mencari ponsel dengan RAM di atas 8GB. Hal ini perlu dilakukan agar ponsel Anda bisa bekerja secara maksimal dan mampu menjalankan aplikasi di latar belakang tanpa masalah.