Kabar Buruk Buat Kamu yang Pakai HP Jadul, Google Bakal Blokir Login dari Versi Android Lawas Setelah 27 September
HP Android lawas (Brightspot)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah Anda masih menggunakan HP Android lawas keluaran 2015 atau yang lebih jadul? Jika iya, Anda harus mulai menyiapan budget buat beli ponsel baru.

Menurut temuan pengguna Reddit dan 91mobiles, Google bakal memblokir akses ke platform bikinannya dari ponsel yang masih menjalankan Android 2.3.7 (Gingerbread) atau yang lebih tua mulai 27 September nanti.

Beruntungnya, pengguna masih bisa melakukan login lewat website. Tapi, pengguna diwajibkan untuk memperbarui sistem operasi setidaknya menjadi Android 3.0 (Honeycomb). Sedangkan menurut pandangan Engadget, lebih aman jika Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Menurut penjelasan Google lewat surat elektronik pengguna, pemutusan akses ini diperlukan guna melindungi data privasi akun. Namun, saat Endgadget menghubungi perusahaan guna mencari keterangan lebih lanjut, Google belum menjawab.

"Jika Anda masuk ke perangkat (jadul) Anda pasca 27 September, Anda akan mengalami error dalam hal nama user atau kata sandi saat akan menggunakan produk Google seperti Gmail, Youtube dan Maps," demikian terang Google.

Tidak Akan Mempengaruhi Kinerja OS Lainnya

Barangkali, ada di antara pembaca yang menganggap bahwa pembaruan ini bakal berpengaruh pada produk mereka. Jawabannya tentu saja ada dua, ya dan tidak.

Ya, jika HP yang Anda gunakan masih menjalankan sistem operasi Android Gingerbread. Sedangkan untuk pengguna yang perangkatnya sudah menjalankan OS Android di atasnya -atau bahkan yang terbaru, pembaruan ini tak akan berpengaruh apa pun.

Terlebih, ponsel Android lawas yang masih aktif umumnya sudah menjalankan sistem operasi versi 4.4 KitKat atau 5.0 Lollipop. Sedangkan jumlah penguna Android Gingerbread sudah sangat sedikit.

Namun, untuk memastikan dan bikin tenang, Anda bisa mengecek versi OS Android yang berjalan pada perangkat. Caranya cukup mudah. Mengutip halaman Dukungan Google, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Buka aplikasi Setelan

2. Swipe-up layar, lalu ketuk menu 'Sistem', pilih menu 'Lanjutan', kemudian ketuk 'Update Sistem'

3. Terakhir, Anda akan menemukan keterangan versi OS pada menu 'Versi Android' dan 'Level patch keamanan'.

Sementara itu, Anda juga bisa mengecek ketersediaan pembaruan sistem operasi pada perangkat. Siapa tahu, perangkat yang Anda gunakan mendapat jatah pembaruan. Begini langkahnya:

1. Buka aplikasi Setelan

2. Swipe up layar, kemudian ketuk menu 'Sistem'

3. Selanjutnya, ketuk menu 'Lanjutan', lalu pilih menu 'Update Sistem'

4. Di dalamnya, Anda akan melihat status pembaruan versi sistem operasi. Jika Anda tidak melihat apa pun, artinya perangkat yang dipakai tidak mendapat jatah pembaruan versi

Terkait