Twitter Bakal Membolehkan Pengguna Android Buat <i>Login</i> Pakai Akun Google
Aplikasi Twitter (9to5Google)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter dilaporkan tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna buat login platform mereka melalui akun Google yang terhubung pada perangkat Android. Fungsi baru ini menjadi salah satu fungsi yang diperkenalkan perusahaan lewat versi Beta terbaru. 

Tak hanya itu, platform micro-blogging Twitter juga bakal meluncurkan fungsi serupa untuk pengguna iOS. Artinya, pengguna tak lagi repot-repot membuka halaman login ketika ingin masuk ke platform. Karena sudah bisa dilakukan lewat akun Google maupun Apple ID.

Sebenarnya, penggemar sudah lama menemukan fitur ini pada versi Beta Twitter. Menurut laporan 9to5Google, perusahaan sudah mulai mengembangkan sejak bulan Juni lalu.

Hanya saja, saat itu proses login melalui akun lain cuma bisa dilakukan lewat Google saja. Dan butuh proses lama agar perangkat iOS bisa menjalankan fungsi serupa. 

Gagasan yang Sudah Ditawarkan Google Sejak Lama

Raksasa teknologi Google juga sudah lama menawarkan fitur yang sama. Fitur yang membuat pengguna aplikasi tertentu agar bisa login atau sign up (membuat akun) hanya memakai akun Google saja. 

Model integrasi ini tentu saja bertujuan untuk memangkas proses login dan registrasi –yang seringkali panjang, rumit, dan dirasa melelahkan bagi sebagian pengguna.

Tak hanya itu, skema integrasi login tersebut juga bakal menghemat waktu pengguna ketika mengisi data-data dasar yang dibutuhkan. Seperti mengisi informasi nama, alamat, bahkan memilih kata kunci akun. 

Maka, ketika investigator teknologi Jane Manchun Wong menemukan fitur anyar Twitter tersebut, pengguna pun  sudah lebih memahaminya. Bahkan, lewat akun Twitter pribadinya, Jane turut membagikan tangkapan layar dari fitur tersebut. 

Bocoran fitur Twitter terbaru (Twitter @wongmjane)

Bisa kita lihat dari gambar di atas, terdapat satu tombol tambahan dari halaman login. Dari yang semula hanya berisi tombol ‘Sign Up’ dan ‘Login’, kini ditambahi ‘Continue with Google’ atau ‘Lanjutkan Menggunakan Akun Google’.

Penambahan ini tentu menjadi kabar gembira bagi netizen. Baik yang sudah memiliki akun Twitter maupun Anda yang ingin membuat akun pada platform media sosial ini.

Contohnya, untuk pengguna pemula, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengisi data-data pribdi yang dibutuhkan ketika membuat akun. Cukup gunakan akun Google yang terhubung dengan HP, maka Anda bisa secara otomatis membuat akun Twitter dengan mengetuk tombol ‘Continue with Google’.

Sementara itu, untuk pengguna lama, Anda bisa lebih mudah login dari perangkat baru. Seperti diketahui, login Twitter dari perangkat baru biasanya berjalan lebih lama. Karena Anda perlu mengetikkan kode kredensial yang dikirimkan pada nomor ponsel yang sudah didaftarkan. 

Tapi, untuk memanfaatkan fitur ini, tentu saja ada syaratnya. Akun Twitter Anda harus sudah terhubung dengan akun Google.