TikTok Bisa Ditonton Lewat TV Android, Indonesia Kapan?
Aplikasi TikTok (Photo by Nikuga on Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Selama beberapa tahun terakhir, TikTok menjelma sebagai salah satu platform media sosial yang diperhitungkan. Menghadirkan konten yang menghibur dan cenderung mudah bikin kecanduan, kini TikTok memiliki jutaan pengguna yang tersebar dari berbagai dunia.

Setelah sekian lama cuma bisa dinikmati via layar smartphone, kini TikTok hadir dan bisa ditonton pada layar yang lebih lebar. Melansir Android Police, baru-baru ini perusahaan meluncurkan aplikasi TikTok for Android TV.

Aplikasi TikTok untuk TV Android kini sudah tersedia pada Play Store untuk Chromecast dengan Google TV. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk produk Google TV saja. Berdasarkan uji coba Scott Scrivens dari Android Police, dirinya gagal memasang aplikasi ini pada TV Shield.

Aplikasi TikTok untuk TV Android (Android Police)

“Ajak temanmu dan nikmati TikTok lewat TV. Video pendek dari TikTok diakui menyenangkan, penuh kreativitas, serta otentik. Dan kini, kami menghadirkan konten hiburan itu ke layar televisi Anda,” tulis perusahaan via Android Police, Kamis, 4 Februari.

Dari segi tampilan, aplikasi untuk TV android ini tak jauh berbeda dengan versi smartphone. Begitu membuka aplikasi, pengguna akan diminta untuk mendaftar atau login menggunakan akun yang sudah dimiliki.

Bagi pengguna yang sudah memiliki akun TikTok, ada dua pilihan yang mempercepat proses login. Yakni versi standar melalui kotak login, di mana pengguna bisa mengisikan nama serta sandi akun. Pilihan kedua dengan memindai kode QR yang muncul di layar untuk mensinkroinisasikan akun.

Meskipun aplikasi ini bisa dibuka lewat TV Android, bukan berarti pengguna mendapat tampilan yang lebih lebar. Alih-alih menyesuaikan tampilan, TikTok tetap menyajikan video dalam mode portrait. Tak jauh berbeda dengan tampilan versi smartphone.

Tampilan TikTok pada Android TV (9to5Google)

Berdasarkan penelusuran penulis, aplikasi yang dikembangkan Bytedance ini baru diluncurkan di negara Britania Raya. Sementara itu, uji coba penulis 9to5Google untuk mengunduh aplikasi ini gagal saat dilakukan dari Amerika Serikat. Artinya, aplikasi ini belum benar-benar tersedia untuk semua negara.

Masih belum jelas apakah TikTok akan meluncurkan aplikasi ini di semua negara. Hanya saja, menurut temuan Brandon Russel dari  XDA-Developers, jumlah negara yang bisa mengunduh aplikasi ini terus bertambah. Bisa disimpulkan jika perusahaan masih membutuhkan waktu untuk rilis global TikTok for Android TV.