Twitter Uji Coba Fitur <i>Upvote </i> dan <i>Downvote </i>  untuk Pengguna iOS
Fitur baru di twitter kadang membawa po dan kontra bagi penggunanya. (dok. twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Tampaknya 2021 menjadi tahun tersibuk bagi Twitter. Pasalnya perusahaan media sosial itu sedang rajin menambahkan fitur baru di platformnya. Kini, twitter sedang menguji sistem baru untuk balasan upvoting dan downvoting.

Menurut Twitter yang dilansir dari Mashable, Jumat 23 Juli, tujuan fitur baru ini adalah untuk membantu mengidentifikasi jenis konten yang hanya ingin di lihat pengguna.

"Beberapa dari Anda di iOS mungkin melihat opsi berbeda untuk upvote atau downvote pada balasan. Kami menguji ini untuk memahami jenis balasan yang menurut Anda relevan dalam percakapan, sehingga kami dapat mencari cara untuk menampilkan lebih banyak balasan," ungkap Twitter.

Di satu sisi, Twitter menekankan bahwa fitur ini tidak mewakili cara baru untuk membandingkan orang, "Ini bukan tombol tidak suka. Dalam eksperimen penelitian ini, ikon jempol ke bawah adalah tanda tidak suka yang memberi tahu kami bahwa menurut Anda balasannya tidak relevan dengan percakapan. Kami ingin lebih memahami jenis balasan yang Anda lakukan dan tidak relevan dalam sebuah (percakapan)," kata Twitter.

Sepertinya upvotes dan downvotes di Twitter akan berfungsi sangat mirip dengan yang dimiliki Reddit. Idenya adalah pengguna dapat meningkatkan tweet yang disukai atau setujui, dan downvote tweet yang tidak pengguna sukai atau lawan.

Twitter pertama kali menggoda gagasan sistem downvote pada November 2020, tetapi pada saat itu perusahaan bersikeras bahwa ia sering mengeksplorasi fitur-fitur baru dan seringkali fitur-fitur itu tidak pernah diluncurkan untuk basis pengguna yang lebih luas.

Rupanya, upvotes Twitter selangkah lebih dekat untuk diluncurkan. Twitter menjelaskan kepada Mashable, berapa banyak pengguna yang melihat tes ini, dan apakah tes ini terbatas pada negara tertentu.

"Fitur vote tidak bersifat publik dan tidak memengaruhi peringkat balasan. Dalam grup eksperimen, tombol Suka dihapus untuk Suara positif, dan dalam hal ini Suara positif dihitung sebagai Suka," jelas juru bicara Twitter.

Ketika ditanya apakah Twitter berniat untuk memperluas pengujian untuk memasukkan pengguna Android, juru bicara tersebut menolak untuk berbicara tentang rencana di masa mendatang, "Untuk saat ini, kami hanya menguji ini di iOS," ujar juru bicara Twitter.

Fitur Upvote dan Downvote Dapat Kritik Pedas

Dikutip dari MakeusOf, usulan Twitter untuk menambahkan tombol upvote dan downvote, mendapat banyak kritik negatif. Tidak butuh waktu lama bagi pengguna untuk membumbui balasan tweet pengumuman perusahaan di akun resmi Twitter-nya.

Kekhawatiran yang paling utama tampaknya adalah bahwa pengguna yakin bahwa fitur baru ini hanya akan memungkinkan pengguna yang penuh kebencian melecehkan orang lain secara anonim.

Di samping itu, pengguna juga mengambil kesempatan untuk menyarankan fitur lain yang menurut mereka harus ditambahkan di Twitter, seperti galeri tweet untuk artis atau fotografer, tombol edit tweet - merupakan permintaan yang ditolak oleh CEO Twitter Jack Dorsey.

Tetapi bagian terbaik dari semua ini mungkin adalah tanggapan Reddit. Situs forum itu hanya merespon Twitter dengan meme, dengan judul "Menarik."