Bagikan:

JAKARTA - Banyak android lawas yang tak akan lagi mendapat dukungan keamanan dari sejumlah situs web. Hal itu terjadi dikarenakan sistem operasi android jadul yang tidak mendukung pembaruan keamanan website. 

Mengutip Engadget, Senin 9 November, organisasi nirlaba sertifikasi, Let's Encrypt baru-baru ini mengumumkan bahwa kemitraannya dengan otoritas sertifikasi IdenTrust akan berakhir pada 1 September 2021.

Dengan berakhirnya hal itu, maka Let's Encrypt berencana untuk sepenuhnya beralih ke sertifikat akarnya sendiri dan menghentikan pensinyalan silang default untuk IdenTrust pada 11 Januari.

Itu artinya, menurut laporan dari Android Police, terdapat website yang aman tidak akan lagi berfungsi pada perangkat dengan versi Android sebelum 7.1.1 Nougat dan pembuatannya ditahun 2016 atau 2017.

Tentu saja hal tersebut bisa menjadi masalah, karena seperti catatan Let's Encrypt, 33,8 persen perangkat Android yang menjalankan versi sistem operasi yang lebih lama akan mengalami kesalahan sertifikat saat mencoba mengakses banyak situs web mulai tahun 2021.

Jadi, solusinya pengguna harus meng-upgrade OS terbaru atau mengganti ponsel mereka jika ponsel sudah tidak mendapatkan pembaruan lagi.

Namun, jika tidak ingin meng-upgrade ponsel, Let's Encrypt merekomendasikan pemilik perangkat Android lama untuk mengunduh Firefox dan menggunakannya sebagai kebutuhan penjelajahan web mereka.

"Jadi, siapa pun yang memasang versi Firefox terbaru akan mendapatkan keuntungan dari daftar terbaru dari otoritas sertifikat terpercaya, bahkan jika sistem operasi mereka sudah usang," ungkap Let's Encrypt dalam sebuah postingan blog.