Nokia Masih Jadi Merek Ponsel Terpercaya di Dunia
Smartphone Nokia (Counterpoint Research)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga riset Couterpoint Research menyebutkan, Nokia masih jadi merek ponsel terpercaya di dunia. Bahkan setelah bertahun-tahun Nokia tetap dipercaya sejumlah pelanggannya untuk memproduksi ponsel berkualitas. 

HMD Global selaku pemilik Nokia saat ini memang mengalami tahun-tahun yang sulit saat membangkitkan kembali merek ponsel tersebut. Namun menurut Counterpoint Research, nama besar Nokia masih menduduki peringkat teratas dalam daftar "Trust Rangking" untuk perusahaan pembuat ponsel. 

Mengutip Gizmochina, peringkat Counterpoint mengevaluasi empat segmen penting dalam daftar ini, yaitu frekuensi pembaruan perangkat lunak, pembaruan keamanan, kualitas pembuatan, dan perangkat yang direkomendasikan untuk perusahaan.

"Nokia telah melakukan pekerjaan yang solid dengan menjaga perangkatnya tetap mutakhir dan aman dengan update keamanan secara reguler. Faktanya, kita dapat mengatakan bahwa Nokia adalah satu-satunya perusahaan yang benar-benar berhasil dengan program Android One," tulis Counterpoint, Jumat, 30 Oktober. 

Berdasarkan laporan Counterpoint dari kuartal-3 2019 hingga kuartal-2 2020, ponsel Android merek Nokia merupakan satu-satunya perangkat ponsel yang rutin memperbarui perangkat ponselnya sesuai syarat dan ketentuan Android 10. Bahkan mengungguli merek Samsung, Xiaomi, OnePlus dan Realme.

Nokia masih jadi merek terpercaya (dok. Counterpoint)

Menariknya, merek Nokia masih dikenal dengan kualitas ponselnya yang tangguh. Bahkan saat menjalani tes ketahanan dan menjadi smartphone yang paling direkomendasikan sejumlah perusahaan karena kualitas rakitannya (build quality).

"Kualitas rakitan dievaluasi berdasarkan beberapa kriteria, termasuk ketahanan produk, pengukuran gaya, ketahanan terhadap benturan dan jika jatuh, tahan goresan, uji termal, kelembaban, cairan, dan lain-lain yang mencakup pengamatan kualitatif dan kuantitatif," kata Associate Director Counterpoint Research Tarun Pathak.

Hasil riset tersebut membuktikan bahwa Nokia telah siap bersaing dengan merek ponsel lain yang sudah populer. Di mana Nokia masih ingin merebut kembali kejayaannya di pasar ponsel masa kini sebagaimana yang pernah dialaminya di tahun-tahun yang lampau.