Bagikan:

JAKARTA - Chatbot AI semakin populer. Bahkan banyak perusahaan mengunci fitur-fitur terbaik mereka di balik dinding berlangganan. Namun, beberapa perusahaan memungkinkan pengguna secara gratis melakukan lebih banyak hal daripada yang lain. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencoba GPT-4 Turbo, menggunakan alat Microsoft Copilot adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Apa Itu GPT-4 Turbo?

GPT-4 Turbo adalah salah satu model AI yang lebih canggih pada saat penulisan artikel ini dibuat. Dirancang oleh OpenAI, startup yang menciptakan layanan ChatGPT yang sangat populer itu.

Untuk memberikan gambaran tentang GPT-4 Turbo; saat ChatGPT menjadi viral, ia menggunakan model 3.5. Setelah itu, OpenAI merilis model GPT-4, yang mampu menangani pertanyaan dengan lebih baik dan terdengar lebih manusiawi. Akhirnya, mereka mempercepat pemrosesan model tersebut dan munculah GPT-4 Turbo.

Saat ini, cara terbaik untuk menggunakan GPT-4 Turbo secara gratis adalah melalui Microsoft Copilot. Mungkin terlihat aneh bahwa Anda harus melalui Microsoft daripada OpenAI, tetapi kedua perusahaan memiliki hubungan yang sangat erat. Oleh karena itu, tidak mengherankan melihat fitur-fitur OpenAI muncul dalam asisten AI milik Microsoft.

Bagaimana Cara Menggunakan GPT-4 Turbo Secara Gratis dengan Microsoft Copilot

Untuk memulai dengan GPT-4 Turbo, cukup buka Copilot dan mulai berbicara dengan chatbot tersebut. Saat ini, Copilot akan menggunakan GPT-4 Turbo secara default saat berbicara dengan pengguna pada tier gratis. Pengguna berbayar dapat kembali ke model sebelumnya jika mereka ingin, tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang itu jika Anda hanya ingin menggunakan model terbaru dan terbaik.

Cara Menggunakan GPT-4 Turbo Secara Gratis di Windows 10 dan 11

Jika Anda pengguna Windows 10 atau 11, ada kemungkinan besar Anda memiliki tombol Copilot di taskbar Anda. Untuk memulai dengan GPT-4 Turbo, cukup klik tombol ini dan mulai berbicara dengan chatbot ketika muncul.

Jika Anda ingin membuka Copilot lebih cepat, Anda dapat melakukannya dengan menekan Win + C. Atau, jika Anda beruntung memiliki laptop dengan tombol Copilot yang didedikasikan, cukup tekan itu untuk membuka asisten kapan saja.

Cara Menggunakan GPT-4 Turbo Secara Gratis di Perangkat Lain

Jika Anda tidak memiliki tombol Copilot atau menggunakan sistem operasi yang berbeda, Anda masih dapat menggunakan situs web Copilot. Buka situsnya, mulai berbicara, dan ia akan secara otomatis menggunakan GPT-4 Turbo untuk memproses prompt Anda.

Jika Anda menggunakan perangkat seluler, Anda dapat mengunduh aplikasi Copilot untuk Android atau iOS. Aplikasi ini memiliki sakelar saat Anda membukanya yang mengaktifkan atau menonaktifkan GPT-4. Mungkin bukan versi Turbo, tetapi seharusnya cukup kuat untuk menangani pertanyaan Anda.

Bagaimana Mendapatkan yang Terbaik dari GPT-4 Turbo

GPT-4 Turbo sangat kuat, tetapi hanya sebagus informasi yang Anda berikan kepadanya. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan yang terbaik dari GPT-4 Turbo dan Copilot:

Selalu ingat bahwa Copilot saat ini tidak memproses kueri secara lokal; semuanya dikirim kembali ke server Microsoft sehingga dapat menghasilkan jawaban Anda. Berhati-hatilah dan hindari memberi tahu Copilot hal-hal pribadi atau sesuatu yang dapat mengidentifikasi Anda.

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang Copilot dan hal-hal yang lebih canggih yang dapat dilakukan dengannya, lihat panduan  tentang apa itu Microsoft Copilot dan bagaimana menggunakannya. Dan jika Anda memerlukan bantuan untuk membuat prompt, coba ekstensi Chrome ini yang membuat membuat prompt lebih mudah.

GPT-4 Turbo adalah alat yang sangat kuat, dan untungnya, Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk menggunakannya. Sekarang Anda tahu cara menggunakan model chatbot populer secara gratis, baik Anda menggunakan PC Windows atau tidak.