5 Cara Menggunakan GPT-4 Secara Gratis
Copilot dari Microsoft sudah bertenaga GPT-4 (foto: x @Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - GPT-4 dari OpenAI merupakan salah satu model bahasa besar dan populer (LLM) yang paling terkenal dan mampu. Kebanyakan orang mengakses GPT-4 menggunakan langganan ChatGPT Plus, tetapi ini membutuhkan biaya  20 dolar AS (Rp320 ribu) per bulan.

Namun, bagaimana jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya sebesar itu alias gratis?

Nah, berikut adalah lima cara untuk menggunakan GPT-4 secara gratis.

  1. Microsoft Copilot:

Microsoft Copilot adalah salah satu cara untuk menggunakan GPT-4 secara gratis. Pada awalnya dikenal sebagai Bing Chat, Copilot memungkinkan pengguna membuat hingga 300 obrolan per hari tanpa batasan, dengan masing-masing obrolan terbatas hingga 30 putaran pertanyaan. Pada 1 Desember 2023, Microsoft mengubah Bing Chat menjadi Copilot dan memperluas dukungan Copilot ke banyak layanan Microsoft lainnya.

  1. Perplexity.ai:

Perplexity.ai adalah alat kecerdasan buatan yang menjanjikan dengan opsi untuk menggunakan GPT-4 secara gratis. Versi gratis Perplexity memungkinkan akses terbatas ke GPT-4 dengan mode "Copilot", meskipun dibatasi hanya lima pertanyaan setiap empat jam.

  1. Merlin:

Merlin adalah ekstensi browser Chrome yang menyediakan akses GPT-4 secara gratis dengan batasan jumlah kueri harian tertentu. Pengguna dapat mengajukan sekitar tiga pertanyaan GPT-4 per hari sebagai pengguna gratis.

  1. Hugging Face:

Hugging Face adalah situs pengembangan dan pembelajaran mesin open-source di mana ribuan pengembang berkolaborasi dan membangun berbagai alat. Beberapa model di Hugging Face dapat memberikan akses ke GPT-4, meskipun dengan batasan tertentu.

Alat Lain yang Dahulu Gratis:

Beberapa alat seperti Poe, Ora, Forefront, dan Nat.dev dahulu memberikan akses gratis ke GPT-4, tetapi sebagian besar telah memindahkan akses tersebut ke tingkat berlangganan atau premium.

GPT-4 adalah alat yang mahal untuk diakses sepenuhnya, tetapi dengan beberapa opsi gratis di atas, pengguna masih dapat menggunakan GPT-4 untuk menjawab satu atau dua pertanyaan sesekali tanpa biaya langganan.