Cara Memperbaiki Kipas Pendingin Komputer yang Berisik
Ilustrasi kipas pendingin komputer yang bekerja terlalu cepat (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Fan cooler atau kipas pendingin merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan komputer. Alat penjaga temperatur suhu ini harus berfungsi dengan baik agar komputer Anda bisa bekerja secara optimal.

Kipas pendingin bekerja di latar belakang dan seharusnya tidak ada suara yang terdengar, kecuali jika kinerja yang tinggi dibutuhkan. Namun, suara yang sering terdengar bukan pertanda yang baik sehingga Anda harus segera mengatasi penyebabnya.

Dilansir dari Makeuseof, kipas pendingin komputer bisa bekerja dengan kecepatan penuh karena header kipas yang tidak terhubung atau rusak dan perangkat lunak yang bermasalah. Apa pun penyebabnya, masalah ini harus diatasi agar kipas tidak aus.

Mengatasi Kipas Pendingin yang Berlebihan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kipas pendingin bekerja secara berlebihan, salah satunya memeriksa suhu CPU dan GPU. Jika ada peningkatan pada suhunya, ventilasinya mungkin tersumbat sehingga udara tidak bisa mengalir.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu membersihkan debu dari kipas dan ventilasi udara. Jika cara ini tidak berhasil, coba untuk membersihkan pasta termal pada CPU dan GPU. Anda bisa mengganti pasta termal yang lama dengan yang lebih baru.

Langkah berikutnya adalah memeriksa latar belakang. Perangkat lunak yang bekerja di latar belakang mungkin menjadi penyebab kipas tidak bekerja dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena beban sistem yang sangat tinggi sehingga menguras sumber dayanya.

Agar masalah ini teratasi, Anda harus membuka Task Manager dan melihat aplikasi apa saja yang bekerja di latar belakang. Tutup aplikasi apa pun yang menurut Anda tidak penting, khususnya jika perangkat lunak tersebut memiliki kapasitas yang cukup besar.

Terakhir, Anda bisa memeriksa koneksi kipas pada motherboard. Biasanya, kipas pendingin dilengkapi header empat pin yang bisa mengontrol modulasi lebar pulsa (PWM). Header ini memastikan CPU, GPU, dan komponen kipas lainnya bekerja dengan benar.

Jika suhunya tidak sesuai, maka ada masalah pada sambungannya. Oleh karena itu, periksa terlebih dahulu apakah kipas telah terhubung dengan benar. Pastikan seluruh kipas sudah terpasang, setelah itu periksa apakah kipas masih bekerja dengan cepat.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya kipas pendingin yang bekerja terlalu cepat hingga menghasilkan bunyi yang sangat mengganggu. Jika beberapa cara di atas tidak berhasil, Anda mungkin harus mengganti atau memperbaiki kipasnya.