Beberapa Faktor Ini Dapat Memengaruhi Berapa Lama Ketahanan PC Anda
Ketika Anda membeli PC baru, ini faktor yang memengaruhi berapa lama itu akan bertahan (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda baru-baru ini tertarik untuk membeli PC baru, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan karena jawabannya tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Seperti banyak produk teknologi lainnya, PC dapat menghasilkan tagihan yang cukup besar. Ada baiknya mengetahui apa yang Anda dapatkan jika Anda akan melakukan investasi yang signifikan.

Pertanyaan yang sangat penting untuk ditanyakan saat Anda membeli PC adalah berapa lama itu akan bertahan. Apakah semua PC memiliki rentang hidup yang sama, atau adakah faktor lain yang berperan dalam hal ini?

Berapa Lama Sebuah PC Harus Bertahan?

Jika Anda hanya mencari "Berapa lama PC bertahan" di mesin pencari, Anda akan menemukan hasil berkisar antara tiga hingga sepuluh tahun, namun tidak ada jawaban pasti. Tetapi, bagaimanapun juga, Anda harus mengharapkan untuk mendapatkan minimal tiga tahun dari PC Anda.

Penting juga untuk memahami apa artinya PC mencapai akhir masa pakainya.  Seringkali, PC dianggap telah mencapai akhir masa pakainya ketika biaya untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak melebihi biaya untuk membeli model baru.

Jadi, mari kita simak apa saja faktor yang memengaruhi masa pakai komputer Anda.

Penggunaan

Jika Anda hanya menggunakan PC untuk memeriksa berita, berbelanja online, atau menonton satu atau dua episode acara TV, kemungkinan besar PC akan bertahan lebih lama daripada jika Anda menggunakannya sepanjang hari.

Komputer yang digunakan untuk melakukan operasi intensif energi, seperti yang diperlukan untuk streaming langsung reguler, penambangan cryptocurrency, atau gim, lebih mungkin mengalami masalah, karena lebih banyak tekanan ditempatkan pada bagian-bagian penting dari perangkat Anda.

Debu

Pembunuh PC lain yang dapat membuat perangkat Anda tidak berguna adalah debu. Debu sangat bermasalah di dalam PC dan dapat menyebabkan CPU dan bagian lain menjadi terlalu cepat panas.

Bahkan saat kipas pendingin sedang beroperasi. Ini dapat memberikan banyak tekanan pada komponen komputer Anda, jadi sangat penting untuk membersihkannya secara menyeluruh sesekali.

Umumnya disarankan agar Anda membersihkan PC Anda setiap enam sampai dua belas bulan, meskipun proses melakukannya akan berbeda tergantung pada jenis komputer yang Anda miliki.

Komponen

Ada juga beberapa komponen PC berbeda yang cenderung menjadi rusak seiring waktu sehingga dapat menyebabkan kematian bagi PC Anda jika tidak diperbaiki atau diganti. Adapun bagian dari PC Anda yang rentan terhadap masalah biasanya adalah motherboard, kipas pendingin, dan RAM.

Suhu

Panas dan dingin keduanya dapat memiliki efek yang merugikan pada komputer Anda. Terlalu panas adalah masalah besar untuk PC, seperti yang disebutkan sebelumnya. Tetapi menyimpan komputer Anda di ruangan yang dingin dan dalam keadaan mati, dan kemudian menyalakannya, panas akan dengan cepat mengalir melalui sirkuit dan menyebabkan komponen mengembang dan berubah bentuk.

Sebagian besar komputer dirancang untuk beroperasi antara 50 dan 90 derajat Fahrenheit, jadi cobalah untuk tetap berada dalam batasan ini untuk menghindari kerusakan pada perangkat Anda.

Lonjakan Listrik

Ada beberapa hal tambahan yang dapat mengurangi umur PC Anda juga. Lonjakan daya pada dasarnya adalah lonjakan tegangan yang disebabkan oleh gangguan aliran listrik, dan dapat menggoreng prosesor dan merusak bagian lain dari komputer Anda. Hal ini dapat meninggalkan kerusakan permanen yang dapat memengaruhi kinerja dan masa pakai PC Anda.