8 Faktor yang Memengaruhi Perubahan Rasa ASI
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA -  Secara umum ASI memiliki rasa mirip dengan susu almond yang dominan manis dengan tekstur yang creamy. Rasa manis yang ada di dalam ASI disebabkan oleh kandungan laktosa yang ada di dalamnya. Sedangkan tekstur creamy dihasilkan dari kandungan lemak yang terdapat dalam ASI. Namun rasa ASI juga dapat berubah. Melansir Very Well Family, berikut 8 faktor yang dapat memengaruhi rasa ASI.

Hormon

Pergeseran kadar hormon dalam tubuh seperti kembali menstruasi pasca melahirkan atau di masa awal kehamilan dapat memengaruhi rasa ASI Anda. Menyusui aman dilakukan saat menstruasi. Pun saat Anda hamil lagi menyusui boleh dilakukan selama kehamilan tidak berisiko tinggi.

Olahraga

Penumpukan asam laktat dalam tubuh bersama dengan rasa asin keringat di payudara akibat olahraga berat dapat mengubah rasa ASI. Untuk mencoba meminimalkan efek pada ASI Anda, lakukan olahraga dengan tingkat ringan atau sedang. Anda juga bisa membersihkan payudara dengan air sebelum menyusui bayi untuk menghilangkan rasa asin keringat.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat mengubah rasa ASI. Jika Anda mengonsumi obat baru dan anak tiba-tiba enggan menyusui, mungkin obat bisa jadi penyebabnya. Untuk itu, bicaralah dengan dokter Anda jika menurut Anda ini adalah masalah.

Merokok

Studi menunjukkan bahwa ASI yang dihasilkan dari seorang ibu yang merokok bisa memengaruhi rasa ASI tersebut. Rasa maupun asap rokok cenderung melekat pada ASI. Jika Anda perokok, merokoklah segera setelah Anda selesai menyusui anak dan usahakan untuk tidak merokok setidaknya selama dua jam sebelum menyusui lagi untuk meminimalkan bau dan rasa asap.

Alkohol

Minum alkohol diketahui memengaruhi rasa ASI. Dibutuhkan sekitar dua jam setiap minuman beralkohol yang Anda konsumsi untuk keluar dari tubuh dan ASI Anda. Semakin lama Anda menunggu untuk menyusui setelah minum minuman beralkohol, semakin sedikit alkohol dalam ASI untuk mengubah rasanya.

Pembekuan dan Pencairan

Saat Anda mencairkan ASI yang telah dikumpulkan dan disimpan dalam freezer, kadang-kadang ASI tersebut akan berbau dan berasa seperti sabun. Meski aman diberikan kepada anak, tapi kemungkinan besar mereka akan menolaknya karena rasanya sudah berbeda.

Mastitis

Mastitis adalah infeksi payudara yang dapat menyebabkan ASI memiliki rasa asin yang kuat. Jika Anda merasa menderita mastitis, tidak apa-apa untuk terus menyusui, tetapi si kecil mungkin menolak untuk menyusu di sisi yang terkena infeksi. 

Produk Perawatan Tubuh

Losion, krim, sabun, parfum, minyak, atau salep apa pun yang Anda oleskan pada payudara dapat menambah rasa berbeda pada ASI saat bayi menyusu. Jika Anda menggunakan produk tubuh apa pun di atau dekat payudara Anda, pastikan untuk membersihkan payudara dengan air sebelum menyusui bayi.