Elon Musk Umumkan Peluncuran Grok-1.5, Chatbot Terbaru dari xAI di X
Elon Musk umumkan peluncuran xAI di X. (foto: x @MarioNawfal)

Bagikan:

JAKARTA - Billionaire dan pendiri perusahaan startup kecerdasan buatan, xAI, Elon Musk, mengumumkan bahwa chatbot terbaru mereka, Grok-1.5, akan tersedia di platform media sosial X minggu depan. Dalam sebuah postingan pada Jumat 29 Maret di X, Musk menyatakan, "Grok 2 seharusnya melampaui kecerdasan buatan yang ada saat ini dalam semua metrik. Sedang dalam tahap pelatihan sekarang."

xAI menyatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis 28 Maret bahwa Grok-1.5, versi yang ditingkatkan dari chatbot mereka, akan tersedia untuk pengujian awal dan bagi pengguna Grok yang sudah ada di X dalam beberapa hari mendatang.

Pada awal bulan ini, Musk menyebut bahwa xAI akan membuat Grok menjadi open-source, beberapa hari setelah dia menggugat OpenAI yang didukung oleh Microsoft karena dituduh meninggalkan misi aslinya demi model berorientasi keuntungan.

Musk meluncurkan xAI tahun lalu dengan tujuan bersaing dengan OpenAI dan Google milik Alphabet. Startup ini bertujuan untuk menciptakan apa yang disebut Musk sebagai "kecerdasan buatan pencari kebenaran maksimum."

Perbaikan yang paling mencolok dalam versi baru ini adalah peningkatan performa dalam tugas-tugas pemrograman dan matematika, ungkap pernyataan dari startup tersebut. Desember lalu, xAI menghadirkan Grok untuk langganan Premium+ di X.