Cara Jitu Melindungi iPhone dari Serangan Phishing
ILUSTRASI/DOK Apple

Bagikan:

JAKARTA – iPhone merupakan salah satu perangkat yang dikenal dengan keamanannya yang kuat. Meski keamanannya cukup baik, ponsel buatan Apple ini tetap bisa mendapatkan serangan dari pihak jahat.

Belum lama ini, beberapa pengguna iPhone mendapatkan serangan phishing. Meski Apple sudah menangani masalah tersebut dengan memperkuat sistem mereka, ada tindakan yang bisa pengguna lakukan untuk ikut melindungi perangkat mereka.

Tindakan, yang menurut 9to5mac, sangat tepat adalah mengatur ulang kata sandi iPhone. Pasalnya, pihak yang jahat bisa menyalahgunakan sistem pengaturan ulang kata sandi ID Apple, kemudian membuat perangkat dibanjiri perintah dari iOS.

Serangan ini sudah tergolong ke dalam phishing dan beberapa pengguna mungkin tidak akan menyadarinya. Namun, perlu diingat bahwa kata sandi ID Apple merupakan hal yang krusial dan tidak seharusnya diketahui oleh siapa pun.

Karena itu, saat Anda menerima permintaan setel ulang kata sandi secara langsung dari sistem, Anda harus mengetuk opsi Jangan Izinkan. Selalu pilih opsi tersebut jika Anda memang sedang tidak mengubah kata sandi dari ID Apple Anda.

Berikutnya, hindari panggilan dengan label nama Dukungan Apple. Saat ini, penjahat yang menyerang dengan sistem phishing sudah bisa menyamar sebagai nomor resmi dari Apple. Mereka melakukan hal tersebut dengan metode spoofing panggilan.

Anda harus menolak panggilan dari pihak Dukungan Apple selama Anda tidak pernah melaporkan masalah perangkat. Apple pernah menyatakan bahwa mereka tidak melakukan panggilan keluar, kecuali pelanggan yang memintanya lebih dahulu.

Terakhir, Anda bisa mengubah nomor untuk sementara waktu. Terkadang, penjahat phishing akan menghubungi sasarannya selama beberapa hari dan secara berturut-turut. Dengan mengubah nomor telepon di ID Apple, gangguan phishing ini akan berhenti.