Bagikan:

JAKARTA - Tidak lama setelah tangkapan layar yang menunjukkan chatbot Grok xAI muncul, pemilik X Elon Musk mengonfirmasi bahwa chatbot nya akan segera hadir untuk pelanggan X Premium. 

Minggu ini, peneliti aplikasi  Nima Owji membagikan tangkapan layar yang menunjukkan bagaimana Grok ditambahkan ke aplikasi web X, dengan mencatat bahwa URL-nya adalah twitter.com/i/grok. 

Tangkapan layar itu menunjukkan kotak entri dengan teks “Ask Grok” untuk berkomunikasi dengan chatbot AI. Namun, fitur-fitur tersebut belum dapat dilihat publik pada saat penemuannya, namun menunjukkan bahwa peluncuran Grok sudah dekat.

“Ya, Grox seharusnya akan hadir untuk semua pelanggan X Premium+ minggu depan,” kata Musk dalam postingan balasan dari akun @teslaownersSV, dikutip Kamis, 23 November. 

Pertama kali dirilis pada 4 November untuk beberapa pengguna terpilih, Grok merupakan upaya dari Elon Musk untuk menyaingi para pendahulunya seperti ChatGPT milik OpenAI, Bard milik Google, Claude dari Anthropic, dan lainnya. 

Selain itu, Musk juga berjanji bahwa Grok akan memiliki lebih banyak kepribadian dibandingkan pesaingnya. Ia berencana untuk menjawab pertanyaan pengguna “dengan sedikit kecerdasan” dan dikatakan memiliki “sifat memberontak,” menurut situs webnya. 

“Chatbot juga berencana untuk menjawab pertanyaan pedas yang ditolak oleh sistem AI lainnya,” kata perusahaan tersebut.