iOS 18 Akan Hadirkan Dua Pembaruan untuk Apple Maps
Ilustrasi pembaruan Apple Maps (dok. Apple).

Bagikan:

JAKARTA - Sistem operasi dari iPhone, iOS 18, masih dikembangkan oleh Apple. Namun, beberapa bocoran mengenai fitur terbarunya sudah terungkap, salah satunya ialah fitur baru untuk aplikasi Apple Maps.

Dilaporkan pertama kali oleh MacRumors, Apple akan menambahkan dua pembaruan ke peta digitalnya. Dua pembaruan tersebut adalah pembuatan rute khusus di Amerika Serikat dan menambahkan peta topografi terbaru.

Pembuatan rute khusus merupakan cara baru bagi pengguna iPhone untuk merencanakan rute perjalanan spesifik mereka. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu mengikuti saran dari Maps karena mereka mungkin mengetahui rute lebih baik.

Fitur pembuatan rute khusus di iOS 18 ini memang dirancang agar para pengguna memiliki kendali penuh atas detail rute perjalanan mereka. Jika pengguna ingin mengandalkan rute yang disarankan Maps, mereka hanya perlu menggunakan aplikasi seperti biasa.

Selanjutnya, Apple juga akan menambahkan peta topografi yang sudah ada di Apple Watch sejak tahun lalu. Saat merilis fitur tersebut di watchOS 10, Apple mengatakan bahwa peta topografi akan menampilkan kontur, bayangan bukit, hingga detail ketinggian.

"Pengguna juga dapat mencari jalur dan ujung jalur terdekat dengan kartu tempat yang berisi informasi mendetail, seperti panjang jalur, jenis, dan tingkat kesulitan," tulis Apple dalam pembaruan watchOS.

Dua fitur baru ini tampaknya sudah siap diluncurkan karena MacRumors sudah melihat perubahan kode di aplikasi Maps. Namun, ada kemungkinan dua fitur ini tidak diluncurkan di iOS 18, melainkan di pembaruan OS berikutnya.