Bagikan:

JAKARTA - Pada Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada 10 Juni, Apple memperkenalkan pembaruan iOS 18, yang menghadirkan lebih banyak opsi penyesuaian atau kustomisasi baru. 

Tidak hanya itu, iOS 18 juga menghadirkan desain ulang terbesar pada aplikasi Photos, yang menampilkan koleksi baru membantu pengguna menelusuri berdasarkan tema tanpa harus mengatur konten ke dalam album. Selain itu, koleksi dapat disematkan agar favorit mudah diakses, dan masih banyak lagi. 

Lebih lanjut, iMessage menerima efek teks baru yang menghidupkan percakapan dengan memperkuat huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan animasi yang dinamis. Pengguna juga membuat tulisan menjadi tebal, garis bawah, dan miring. 

Yang menarik adalah, iOS 18 memperkenalkan pesan melalui satelit saat koneksi seluler dan Wi-Fi tidak tersedia. Didukung oleh teknologi inovatif satelit iPhone, pesan melalui satelit secara otomatis meminta pengguna untuk terhubung ke satelit terdekat langsung dari aplikasi iMessage untuk mengirim dan menerima teks, emoji, dan Tapback melalui iMessage dan SMS. 

Akhir tahun ini, Apple juga akan memperbarui Mail dengan kategorisasi pada perangkat untuk mengatur dan mengurutkan email masuk ke dalam Utama untuk email pribadi dan sensitif terhadap waktu, Transaksi untuk konfirmasi dan tanda terima, Pembaruan untuk berita dan pemberitahuan sosial, dan Promosi untuk email pemasaran dan kupon. 

Safari, browser tercepat di dunia milik Apple kini juga menawarkan cara yang lebih mudah untuk menemukan informasi di web dengan Sorotan dan pengalaman Pembaca yang didesain ulang. Safari dapat menampilkan informasi penting tentang halaman web. 

IOS 18  memperkenalkan aplikasi kata sandi (paaskey) baru yang memudahkan pengguna untuk mengakses kata sandi, kunci sandi, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi mereka. 

Dan pengumuman utama dari peluncuran iOS 18 ini adalah Apple Intelligent, yang membuka cara baru bagi pengguna untuk menyempurnakan tulisan mereka dan berkomunikasi dengan lebih efektif. 

Dengan kekuatan Apple Intelligence, Siri mengambil langkah maju yang besar, menjadi lebih alami, relevan secara kontekstual, dan pribadi. Pengguna dapat mengetik di Siri, dan beralih antara teks dan suara untuk berkomunikasi dengan Siri dengan cara apa pun yang dirasa tepat untuk saat itu.

Pembaruan lain yang hadir di iOS 18 adalah pembaruan untuk Apple Maps, Apple Cash, Apple Wallet, Apple Music, pengalaman Airpods yang lebih baik, Game mode, aplikasi Notes, dan Journal, dan masih banyak lagi.