Bagikan:

Jakarta - Pengguna iPhone kini dikejutkan oleh trik pengisian baterai yang jarang diketahui, yang memungkinkan satu iPhone mengisi daya iPhone lainnya melalui kabel USB-C. Seorang pengguna iPhone, Sheel Mohnot, memposting foto saat mencoba trik ini di platform X dengan keterangan, "Anda bisa mengisi daya iPhone dari iPhone lain."

Salah satu tanggapan menyebut trik ini sebagai "masa depan," sementara yang lain mengatakan "begitulah cara Anda menunjukkan bahwa Anda benar-benar mencintai seseorang."

Ketika dua iPhone 15 terhubung dengan kabel USB-C, iPhone dengan tingkat baterai lebih rendah akan diisi dayanya oleh yang lainnya. Apple reseller, iStyle, mengkonfirmasi bahwa kedua perangkat akan berkomunikasi secara otomatis untuk menentukan mana yang memiliki persentase baterai lebih rendah. iPhone dengan daya lebih tinggi akan mulai mengisi daya yang lain, sekaligus mengurangi dayanya sendiri.

Di halaman komunitas Apple, beberapa pengguna mencatat bahwa trik ini juga berfungsi saat menggunakan iPhone 15 untuk mengisi daya model iPhone yang lebih lama. Namun, model iPhone lama tidak dapat mengisi daya iPhone 15; hanya sebaliknya. Selain itu, trik ini tidak mungkin dilakukan antara dua perangkat yang lebih tua, seperti dua iPhone 11.

Apple mulai memasang port pengisian daya USB-C pada iPhone sejak tahun lalu, dimulai dengan iPhone 15, setelah dipaksa oleh Uni Eropa untuk mengurangi limbah elektronik. Sebelumnya, Apple menggunakan desain pengisian daya mereka sendiri yang disebut 'Lightning'. Meski Apple terpaksa mematuhi aturan ini, mereka berpendapat bahwa pendekatan tersebut membatasi kemampuan industri untuk berinovasi.

Greg Joswiak, eksekutif Apple, mengatakan bahwa mereka akan mematuhi aturan tersebut karena harus, namun percaya bahwa pendekatan tersebut seharusnya lebih baik untuk lingkungan dan pelanggan jika pemerintah tidak terlalu preskriptif.