4 Fitur Unggulan Realme 8 Pro dengan Kamera 108MP
Kamera Realme 8 Pro (YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Melalui acara Camera Innovation Event 2021, Realme memperkenalkan teknologi kamera terbarunya. Camera Development Team Realme Alessio Bradde mengungkapkan bahwa teknologi ini bakal ditanamkan perusahaan pada seri Realme 8 Pro yang akan diluncurkan tidak lama lagi.

Seakan ingin membuat penggemar penasaran, Realme membagikan bagaimana teknologi dan fitur-fitur unggulan ada lensa 108MP. Contohnya seperti kamera utama 108MP dengan sensor zoom 3x serta algoritma pemrosesan gambar yang sudah ditingkatkan.

Lebih lengkap, tim VOI sudah rangkumkan empat fitur utama yang terdapat pada teknologi kamera Realme terbaru ini.

Kamera 108MP Bakal Jadi Kamera Utama Realme 8 Pro

Seperti disampaikan Alessio, teknologi kamera anyar ini bakal digunakan pada Realme 8 Pro. Kamera ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM2. Sensor tersebut diperkenalkan Samsung pada bulan September tahun lalu.

Sensor terbaru ini berukuran 15 persen lebih kecil ketimbang pendahulunya – 0.8μm. Selain itu, Samsung juga sudah mengurangi lebar dari modul hingga 10 persen. Di dalamnya, terdapat teknologi 9-to-1 pixel binning, ISOCELL Plus, Smart ISO, serta 3x zoom tanpa pengurangan ketajaman.

Sementara itu, kemampuan 3x zoom tanpa pengurangan ketajaman diperkenalkan oleh Realme sebagai “in-sensor zoom”. Realme turut menambahkan algoritma yang mampu meningkatkan kejernihan. Sehingga, Realme 8 Pro mampu menghasilkan gambar dengan detail tingkat tinggi.

Mode Foto Bintang dengan Video Time-Lapse

Alessio mengklaim bahwa Realme 8 Pro bakal jadi ponsel menengah pertama yang mengusung mode foto bintang dengan video time-lapse. Perusahaan menjelaskan bahwa mode anyar ini menggunakan algoritma video time-lapse pada foto bintang untuk menghasilkan video time-lapse yang berbeda.

Mode tersebut cuma membutuhkan 480 detik untuk menyimpan 30 foto langit pada malam hari. Dari 30 foto tersebut, bisa dihasilkan video time-lapse dengan jeda 1 detik.

Fotografi Tilt-shift

Ada yang menyebutnya fotografi geser-miring. Tapi, lebih banyak fotografer mengenalnya sebagai fotografi tilt-shift. Dan biasanya, fotografer memahami tilt-shift sebagai jenis lensa yang dipakai untuk menangkap seluruh bangunan dengan garis lurus sejajar –tanpa distorsi perspektif.

Pada kamera 108MP, Realme turut memperkenalkan software anyar yang disebut Mode Fotografi Tilt-Shift. Mode ini dijalankan berbasis algoritm yang dikembangkan Realme untuk mengambil foto tilt-shift. Tidak hanya itu, Realme 8 Pro juga mampu merekam video time-lapse melalui mode tilt-shift.

Pada fotografi tilt-shift, pengguna bakal mendapat banyak pilihan pengaturan. Melalui menu pengaturan ini, pengguna bisa menyesuaikan shape, angle, letak, serta efek bokeh. Terdapat juga pilihan untuk mengubah efek transisi antara bagian yang menjadi fokus dari gambar ke bagian yang blur.

Kamera 108MP pada Realme 8 Pro (YouTube)

Filter Potret Baru

Realme 8 Pro juga dibekali dengan beberapa pilihan Filter Potret terbaru. Perusahaan berharap pengguna bisa mengoptimalkan hasil jepretan kamera menggunakan filter tersebut. Pilihan filter yang disediakan antara lain Neon Portrait, Dynamic Bokeh Portrait, dan AI Color Portrait.

Dalam acara yang berlangsung secara virtual tersebut, perusahaan tidak hanya memperkenalkan sensor baru saja. Realme juga menyatakan perhatiannya dalam menawarkan inovasi teknologi kamera ke pasar. Nantinya, inovasi tersebut akan ditanamkan pada beberapa perangkat terpilih saja.