Bagikan:

JAKARTA - Dalam momen Bulan Suci Ramadan 2024, pendakwah terkenal Husein Ja'far Al Hadar, yang dikenal sebagai Habib Ja'far, berbagi kiat agar para gamers dapat ikut berpahala saat bermain gim. Salah satu kiat yang disarankannya adalah untuk membiasakan diri mengucapkan kata-kata positif daripada kata-kata negatif atau kasar saat bermain gim.

Habib Ja'far menyatakan bahwa Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk melatih perilaku yang luar biasa menjadi hal yang biasa. Dia menegaskan pentingnya menggunakan kata-kata positif, terutama saat mengalami kejutan atau keseruan saat bermain gim, sebagai bentuk latihan spiritual di bulan Ramadan.

"Bulan Ramadhan ini, sering disebut bulan madrasah, atau sekolah. Ini adalah waktunya kita melatih sesuatu yang luar biasa menjadi biasa saja. Jadi mulai sekarang di Ramadhan ini kalau kita kaget baik khususnya ketika main gim ada kejutan-kejutan seru atau di kehidupan ada yang seru tunjukkan dengan kata-kata positif," kata Habib Ja'far dalam konferensi pers daring yang diikuti, Senin.

Selama konferensi pers daring yang diadakan pada Senin, 11 Maret, Habib Ja'far memberikan contoh kata-kata positif yang bisa diucapkan saat gamers merasakan keseruan atau terkejut, seperti "Masyaallah", "Subhanallah", dan "alhamdulillah".

Menurutnya, mengucapkan kata-kata positif saat terkejut dapat mendatangkan pahala, karena ujaran tersebut dilakukan dengan ikhlas dan spontanitas. Habib Ja'far menegaskan bahwa segala hal yang dilakukan dengan ikhlas akan dianggap sebagai ibadah di akhirat.

Dia memastikan bahwa menggunakan kata-kata positif tidak akan mengurangi keseruan atau reaksi saat bermain gim, tetapi malah dapat meningkatkan makna dan spiritualitas pengalaman tersebut.

Habib Ja'far juga menyarankan agar Bulan Ramadhan menjadi waktu latihan bagi para gamers untuk membiasakan diri menggunakan kata-kata positif. Dia menekankan bahwa latihan ini bisa dilakukan selama bulan penuh berkah ini, dengan harapan bahwa kebiasaan tersebut akan terbentuk dan menjadi alami bagi para gamers.

Dalam penutupannya, Habib Ja'far menyampaikan harapannya bahwa para gamers akan mampu mempraktikkan kiat ini dengan baik, bahkan jika masih terjadi kesalahan, diingatkan lagi hingga akhirnya terbiasa berkata-kata positif dalam setiap situasi, termasuk saat bermain gim.

"Bulan Ramadhan kan 30 hari, ini waktunya untuk latihan. Kalau dilatih pasti bisa kok. Kalau masih keceplosan kata-kata kasar ya gak apa-apa, diingatkan lagi sampai suatu saat nanti jadi terbiasa berkata positif," tutupnya.