Bagikan:

JAKARTA - Sebuah survei dari Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali tentang “Ramadan Insight 2024”, menyoroti adanya peningkatan trafik data di berbagai komunitas. 

Komunitas Gamers, Telkomsel melihat adanya peningkatan trafik data sebesar 20 persen, terutama selama waktu ngabuburit, dengan gim seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox menjadi gim yang paling diminati. 

Selain itu, segmen youth juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 10 persen, di mana 78 juta generasi muda terlibat dalam berbagai aktivitas online selama bulan Ramadan. 

Di sisi lain, komunitas para pencari promo juga mencatat peningkatan trafik data sebesar 26 persen pada segmen belanja online dan e-commerce, di mana mereka berburu promo di berbagai platform selama bulan suci ini, dengan mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari 33 persen, siang hari 21 persen, dan sebelum berbuka puasa 23 persen.

Kemudian melalui pemanfaatan online survey tSurvey.id, ditemukan bahwa sebanyak 69 persen responden meningkatkan alokasi donasinya selama momen Ramadan, di mana salah satu faktornya karena adanya THR yang di terima dalam bentuk cash 83 persen dan transfer bank 12 persen. 

Selain itu, hasil riset ini juga menunjukkan bahwa Shopee mendominasi sebagai platform e-commerce pilihan utama masyarakat dengan 60 persen responden, diikuti oleh Tokopedia 20 persen dan Lazada 10 persen. 

“Kami berharap dengan di rilisnya riset Ramadan Insight 2024 ini, para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran tahun 2024,” ujar Vice President Digital Advertising, Wholesale & Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya.